Jokowi bertemu Elon Musk, foto: Kontan

Elon Musk Akan Kunjungi Indonesia Bulan November

Wanovy | Teknologi | 16-05-2022

PARBOABOA - Presiden Jokowi bertemu dengan CEO Tesla dan Space X, Elon Musk, pada Sabtu, 14 Mei 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi berkunjung ke Gedung Stargate Space X yang terletak di Boca Chica, Amerika Serikat.

Jokowi tiba di sana sekira pukul 10.30 waktu setempat. Kedatangannya tersebut disambut hangat oleh Elon Musk.

Presiden Joko Widodo mengundang Elon Musk untuk datang ke Indonesia. Jokowi menyebut Elon Musk tertarik atas undangan tersebut.

"Saya kira, dia sangat tertarik sekali untuk segera datang ke Indonesia dan tadi saya sudah sampaikan untuk bisa datang di Indonesia," kata Jokowi dalam kunjungannya ke Space X di Boca Chica, Amerika Serikat, waktu setempat seperti dalam keterangan tertulis dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Minggu (15/5/2022).

Presiden Jokowi dan orang terkaya di dunia itu sempat melakukan pertemuan sebelum berkeliling melihat fasilitas produksi roket Space X.

Setelah melakukan peninjauan, Presiden Jokowi mengungkap bahwa kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut perintahnya kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Sebelumnya, Menko Luhut Pandjaitan telah bertemu dan berbicara dengan Elon Musk.

"Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi," kata Presiden, seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Instagram @sekretariat.kabinet, pada Minggu, 15 Mei 2022.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Indonesia itu menuturkan, pertemuannya dengan founder Space X bertujuan untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang.

Sementara itu, Elon Musk menyebut, sangat tertarik dengan masa depan Indonesia. Menurutnya, Indonesia terlihat sangat optimistis terhadap masa depan dan memiliki energi positif.

Merespons ajakan Jokowi, Elon Musk mengatakan akan berkunjung ke Tanah Air pada November tahun ini.

"Mudah-mudahan di bulan November, terima kasih atas undangannya," ucap Elon kepada Jokowi.

Selama kurang lebih 1 jam, Jokowi bertemu dengan orang terkaya di dunia itu. Selain berdiskusi, Presiden diajak berkeliling melihat fasilitas produksi Space X.

Sebelumnya, Juru Bicara Menko Marves Jodi Mahardi mengatakan bahwa Elon Musk telah mengirimkan timnya ke Indonesia.

Menurut Jodi, hal itu dilakukan setelah Luhut menawarkan nikel Indonesia ke Elon. Hal tersebut untuk memenuhi bahan baku pengembangan kendaraan berbasis listrik atau electric vehicle (EV) yang menjadi produk andalan Tesla.

Dirinya juga mengungkapkan, Tesla sudah mengirimkan enam orang tim dari Tesla yang berkunjung ke Indonesia dan melakukan pembahasan-pembahasan yang terkait.

Tag : #elon musk    #jokowi    #internet    #teknologi    #tesla    #spacex   

Baca Juga