Real Madrid juara Liga Champions 2021/2022 (Foto: AFP/Paul Ellis)

Fakta Menarik yang Terjadi di Final Liga Champions 2021/2022

Michael | Sepakbola | 31-05-2022

PARBOABOA – Real Madrid berhasil keluar sebagai juara Liga Champions 2021/2022 usai mengalahkan Liverpool dengan skor tipis 1-0 di Stade de France, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB. Gol tunggal kemenangan Los Blancos dicetak oleh Vinicius Junior di babak kedua.

Liverpool berhasil mendominasi jalannya pertandingan kontra Real Madrid. Akan tetapi, Thibaut Courtois berhasil tampil luar biasa menjaga gawang Los Blancos dari serangan-serangan berbahaya yang dilakukan Mohamed Salah dan kawan-kawan.

Pada babak kedua, Vinicius Junior berhasil memberikan keunggulan kepada Real Madris sekaligus gol kemenangan melalui sepakan jarak dekat memanfaatkan operan dari Federico Valverde di menit ke-59.

Hasil ini pun membawa Real Madrid meraih trofi “Si Kuping Besar” untuk ke-14 kalinya. Bukan hanya itu saja, prestasi ini pun membawa sang pelatih, Carlo Ancelotti, menjadi salah satu pelatih tersukses di dunia dengan koleksi 5 trofi Liga Champions.

Selain dua fakta diatas, ada beberapa fakta menarik lain yang terjadi di final Liga Champions 2021/2022. Apa Saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

Kick-off Pertandingan Sempat Tertunda

Fakta menarik yang pertama adalah kick-off laga final Liga Champions 2021/2022 sempat tertunda.

Hal ini terjadi karena adanya kerusuhan yang terjadi di luar Stadion Stade de France sebelum pertandingan dimulai.

Kerusuhan yang terjadi disebabkan oleh banyaknya penonton yang masih berada di luar stadion dan membuat kemacetan di jalan.

Selain itu, para petugas keamaan di sekitar stadion pun harus melepaskan tembakan gas air mata untuk mencegah terjadinya kerusuhan yang lebih lanjut.

Akibat adanya kerusuhan tersebut, kick-off laga final Liga Champions 2021/2022 tertunda selama 15 menit.

Gol Benzema, Offside atau Tidak?

Hal menarik lainnya terjadi di penghujung laga babak pertama. Real Madrid berhasil mencetak gol melalui sepakan Karim Benzema yang memanfaatkan perebutan bola di depan gawang Liverpool.

Akan tetapi, melalui keputusan VAR, wasit menganulir gol tersebut karena Benzema berada dalam posisi offside.

Merujuk Laws of Game oleh IFAB, pemain dalam posisi offside jika ada seorang pemain yang menyerang berada lebih dekat dengan garis gawang tim lawan daripada bola dan pemain kedua terakhir adalah lawan.

Jika dilihat secara seksama, posisi kaki kiri Benzema lebih dekat dengan garis gawang lawan daripada bola dan pemain kedua terakhir lawan, yakni Virgil van Dijk. Dengan demikian, gol pemain asal Prancis itu dinilai offside.

Namun, jika diperhatikan dari proses terjadinya gol tersebut. Bola yang didapat Benzema di depan gawang Liverpool berasal dari sentuhan terakhir pemain Liverpool, yakni Fabinho. Jika dilihat dari sisi ini, maka gol Benzema tersebut harusnya sah.

Baca juga: Offside Adalah? Sejarah dan Peraturannya

Thibaut Courtois Cetak Rekor Penyelamatan Terbanyak di final Liga Champions

Selain menjadi pemain terbaik pertandingan, Thibaut Courtois juga sukses mencetak rekor baru di final Liga Champions 2021/2022.

Courtois menjadi penjaga gawang dengan penyelamatan terbanyak di final Liga Champions (9) sejak pengambilan data pada tahun 2003/2004, melewati torehan Alisson di final 2019 dan Edwin van der Sar di final 2011 (masing-masing delapan penyelamatan).

Selain itu, ini merupakan trofi Liga Champions pertama Thibaut Courtois di sepanjang kariernya.

Laga Perpisahan Untuk Beberapa Pemain

Final Liga Champions merupakan laga perpisahan untuk beberapa pemain Liverpool maupun Real Madrid.

Sadio Mane dipastikan akan meninggalkan Liverpool pada bursa transfer musim panas 2022 mendatang. Pertandingan final Liga Champions 2021/2022 merupakan laga terakhirnya berseragam The Reds.

Namun, klub baru tujuan Sadio Mane musim depan belum bisa ditentukan. Hanya saja, Bayern Munchen terlihat serius mendatangkan bintang asal Senegal tersebut dengan menawarkan kontrak 3 tahun dan biaya transfer mencapai 40 juta poundsterling.

Selain Sadio Mane, laga final Liga Champions 2021/2022 merupakan pertandingan terakhir untuk tiga bintang Real Madrid, yakni Gareth Bale, Marcelo, dan Isco.

Ketiga pemain ini dipastikan tidak akan memperkuat Los Blancos di musim depan.

Gareth Bale dikabarkan akan bergabung dengan salah satu klub di Liga Inggris. Tottenham Hotspur dinilai menjadi salah satu kandidat terkuat menjadi tujuan utama megabintang asal Wales tersebut.

Marcelo yang sudah 15 tahun berseragam Real Madrid memutuskan untuk hengkang dari Santiago Bernabeu pada bursa transfer musim panas mendatang. Bek kiri asal Brasil ini dikabarkan akan kembali ke klub pertamanya, yakni Fluminense. Ada juga kabar yang mengaitkan Marcelo dengan raksasa asal Italia, Juventus.

Isco menjadi pemain terakhir yang memutuskan untuk berpisah dengan Real Madrid usai memenangkan Liga Champions 2021/2022. Hal yang membuat eks pemain Malaga ini hengkang dari Santigao Bernabeu adalah kurangnya menit bermain yang didapatnya dalam beberapa musim belakangan ini.

Tag : #liga champions    #real madrid    #sepakbola    #liverpool   

Baca Juga