Gempa Magnitudo 7,9 Guncang Maluku Tenggara Barat, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami

Ilustrasi tsunami. BMKG sebut gempa di Maluku Tenggara Barat pada Selasa (10/01/2023), berpotensi minumbulkan gelombang tsunami (Foto: iStock/Bobbushphoto)

PARBOABOA, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk wilayah Maluku, Sulawesi Utara, Selasa (10/01/2023).

Hal itu disampaikan BMKG usai gempa berkekuatan magnitudo 7,9 mengguncang wilayah Maluku Tenggara Barat pada pukul 00.47 WIB.

"Peringatan Dini Tsunami untuk wilayah: MALUKU, SULTRA," tulis BMKG dalam keterangan resminya pada Selasa (10/01/2023).

Adapun pusat gempa berada di 148 Km Barat Laut Maluku Tenggara Barat. Tepatnya berada di 7.25 Lintang Selatan, 130.18 Bujur Timur di kedalaman 131 Km.

Sementara itu, BMKG menyebut empat wilayah Maluku dalam status siaga tsunami. Di antaranya Maluku Tengah, Kepulauan Maluku, Maluku Tenggara Barat dan Kota Ambon.

"Pemerintah Provinsi/Kab/Kota yang berada pada status 'siaga' diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi," tulis BMKG.

Selain itu, sejumlah wilayah berstatus waspada yakni Maluku Tenggara, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Buru, Wakatobi, Kendari Pulau Watulumango, Kepulauan Kendari, Konawe Bagian Selatan, Kota Kendari, Kendari.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS