Gerak Lokomotor adalah, Ketahui Contoh dan Manfaatnya

Penulis : Halima | Pendidikan | 15-11-2022

Gerak Lokomotor (Foto : Parboaboa/Halima)

PARBOABOA - Apa yang dimaksud dengan gerak lokomotor? Gerak lokomotor adalah gerakan yang menyebabkan perpindahan atau pergerakan tubuh dari satu tempat ke tempat lain. Misalnya melompat, berjalan, berlari, dan memanjat.

Dalam gerak lokomotor seseorang harus memindahkan tubuh dari posisi A ke B. Keterampilan gerak lokomotor bisa berkembang dari hasil tingkat kematangan perkembangan tertentu. Namun, latihan secara rutin dan pengalaman juga memiliki peran penting untuk mencapai puncak lokomotor pada seseorang.

Untuk memahami lebih dalam tentang gerak lokomotor, kamu bisa mencari tahu contoh dan manfaatnya.

Pengertian Gerak Lokomotor

Gerak dasar lokomotor adalah sebuah gerak tubuh dengan posisi berpindah-pindah dari satu posisi tempat ke posisi lain yang terdiri atas gerakan-gerakan dasar lokomotor.

Gerakan-gerakan lokomotor juga sebagai gerakan-gerakan yang pergi ke mana saja sehingga dalam bahasa Inggris disebut juga dengan Traveling. Sebuah gerakan lokomotor juga merupakan salah satu dasar bagi perkembangan koordinasi gerakan yang pada umunya melibatkan seperti otot-otot besar, pertumbuhan otot, daya tahan dan stamina atau tenaga.

Contoh Gerak Lokomotor

Gerak lokomotor sebagai sebuah gerak dari seluruh tubuh untuk melalui ruang atau jarak tertentu. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan dengan gerak lokomotor ini.

Saat melakukan olahraga pun akan ada banyak gerak lokomotor yang dilakukan. gerak lokomotor juga memiliki berbagai manfaat. Berikut contoh-contoh gerak lokomotor adalah:

1. Berjalan

Berjalan sebagai gerakan memindahkan tubuh dari satu tempat ke tempat yang lain. Berjalan adalah suatu proses menghilangkan keseimbangan dan mengembalikannya secara bergantian ketika bergerak ke depan dalam posisi tegak.

2. Berlari

Berlari sebagai salah satu gerakan memindahkan tubuh dari tempat satu ke tempat lainya dengan teknik pergantian langkah dalam keadaan tubuh melayang di udara. Dibandingkan dengan berjalan, berlari adalah pergerakan kaki yang cepat secara bergantian, pada saat yang sekejap, kedua kaki meninggalkan bumi sebelum salah satu kaki segera bertumpu kembali.

3. Meloncat

Gerakan meloncat sebagai salah satu jenis gerak keterampilan memproyeksikan tubuh dan melibatkan gerakan mendarat dan menolak dengan menggunakan kedua kaki.

4. Melompat

Melompat adalah gerakan menolak dan menyerap kekuatan dengan mendarat menggunakan satu kaki. Gerakan ini membutuhkan kekuatan otot, koordinasi tubuh, dan keseimbangan dinamis.

5. Merayap

Gerakan merayap sendiri dapat diartikan sebagai gerak memindahkan tubuh dari tempat A ke tempat B atau B ke A dengan posisi tubuh telungkup di atas permukaan.

6. Memanjat

memanjat sebagai gerakan memindahkan tubuh ke atas dan ke bawah dengan menggunakan kedua tangan dan kaki. Anggota tubuh bagian atas sendiri bertugas menjaga tubuh agar tidak terjatuh.

7. Leaping

Leaping sendiri dapat diartikan sebagai gerakan split di udara dengan memanjangkan suatu langkah untuk mencapai perpindahan yang cukup jauh. Biasanya gerakan ini juga dipadukan dengan gerakan berlari.

8. Sliding

Slidding merupakan gerakan melompat ke samping kanan atau kiri dengan satu kaki selalu berada di depan, dari posisi kedua kaki terbuka lebar.

9. Skipping

Bermain skipping yang dapat diartikan sebagai gerakan yang berasal dari paduan gerakan berjalan dan gerakan jingkat secara bergantian. Satu kali berjalan, satu kali berjingkat dan seterusnya.

Manfaat Gerak Lokomotor

Gerak lokomotor memiliki beberapa manfaat, yaitu:

• Kesadaran tubuh sendiri.
• Kesadaran konsep arah.
• Melatih kelincahan dan ketangkasan.
• Sebagai gerakan dasar yang biasa dilakukan manusia.
• Melatih keterampilan dan keberanian dalam melakukan suatu gerakan.
• Melatih kekuatan dan keseimbangan tubuh.
• Mengembangkan kemampuan mengenali ruang.
• Menjaga kesehatan dan kebugaran badan.

Editor : -

Tag : #gerak lokomotor    #PJOK    #pendidikan    #olahraga    #berpindah   

Baca Juga