parboaboa

Gubsu Perintahkan PUPR Perbaiki Jalan Rusak Menuju Lokasi Pelaksanaan Kejuaraan F1 Powerboat

Rini | Daerah | 30-01-2023

Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menjadi narasumber Webinar F1 Powerboat, Perkuat Potensi Wisata Danau Toba di Hotel JW Marriot, Medan, Senin (30/1). (Foto: Dok DISKOMINFO SUMUT)

PARBOABOA, Jakarta – Sumatera Utara (Sumut) terus memantapkan persiapan untuk menggelar Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 atau F1 Powerboat (F1H2O) di Balige, Kabupaten Toba pada akhir Februari mendatang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut Ilyas Sitorus mengatakan, kesempatan untuk memamerkan wisata Danau Toba ke mata dunia membuat Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meminta jajarannya untuk mempersiapkan acara ini dengan baik.

“Salah satunya, memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk segera memperbaiki jalan-jalan yang kurang layak menuju lokasi ajang akbar tersebut,” kata Ilyas pada Webinar F1 Powerboat, Perkuat Potensi Wisata Danau Toba, yang dilaksanakan di Hotel JW Marriot, Medan, Senin (30/1/2023).

Selain itu, kata Ilyas, Gubsu juga telah memerintahkan Ditlantas Polda Sumut agar berkoordinasi dengan Pelindo untuk mengawal pengangkutan logistik para peserta balapan dari Belawan hingga ke Balige.

Ilyas memaparkan, gelaran internasional ini akan diharapkan untuk meningkatkan penghasilan Asli Daerah (PAD) Sumut dan kabupaten di sekitar Toba.

Kemudian, meningkatkan okupansi hotel hingga 95%. Menurutnya ada 1.599 kamar hotel yang dipersiapkan untuk menyambut para tamu, temasuk guest house, homestay dan lainnya.

Bisnis persewaan kendaraan juga dipastikan akan meraup untung dari kegiatan ini. Selain itu, F1 Powerboat juga menjadi kesempatan untuk memasarkan produk usaha kecil dan mengengah (UMKM) Sumut.

“Menciptakan lapangan kerja dengan menyerap tenaga kerja lokal, hingga peningkatan jumlah penumpang pesawat di Bandara Silangit dan Kualanamu,” lanjutnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong mengatakan setelah penyelenggaraan F1 Powerboat, pemerintah akan memperbanyak event yang ada di Danau Toba, agar potensi wisata tersebut semakin tersohor ke manca negara.

"Apalagi Sumut ini dekat dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia," kata Usman.

Menurutnya, pembenahan infrastuktur harus dilakukan agar wisatawan nyaman dan menghabiskan waktunya lebih lama di Danau Toba.

"Bahkan ada atlet F1 yang mau extend seminggu," kata Usman.

Editor: -

Tag: #F1 Powerboat    #Sumut    #Daerah    #F1H2O    #Balige    #Danau Toba    #Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi   

BACA JUGA

BERITA TERBARU