Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto: Prayogi)

Mahfud Apresiasi Profesionalitas Polri-Kejagung terkait Ferdy Sambo

Adinda Dewi | Hukum | 29-09-2022

PARBOABOA Jakarta -  Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengapresiasi kerja keras dan profesionalitas Polisi Republik Indonesia (Polri) dan Kejaksaan Agung (Kejagung) hingga berkas perkara Ferdy Sambo dan 4 tersangka lainnya akhirnya rampung.

"Alhamdulillah, Kejaksaan Agung telah menyatakan berkas perkara pembunuhan Brigadir Yosua atau kasus Sambo sudah lengkap (P21). Melibatkan 5 tersangka pembunuhan berencana dan 7 tersangka untuk obstruction of justice," kata Mahfud MD dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis, (29/09/2022).

Sementara itu, dia juga menegaskan jika kelengkapan berkas perkara kasus sambo tidak perlu bolak-balik antara Kejagung ke Polri, berkas tersebut ditangani sekali dan langsung jadi.

"Kita apresiasi Polri dan Kejagung yang telah bekerja keras, tapi tetap teliti dan profesional," lanjutnya.

Mahfud juga memberikan apresiasi atas proses pelanggaran kode etik sejumlah anggota kepolisian yang berlangsung dengan cepat dan baik.

"Polri secara simultan bukan hanya menangani pidana-nya, tapi juga memproses kode etik-nya, sementara Kejagung meneliti secara cermat kelengkapan persyaratan-nya. Mari terus kita kawal agar bagus sampai akhir," ujar Mahfud.

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Kejaksaan Agung (Jampidum Kejagung) Fadil Zumhana juga menegaskan bahwa terjalin koordinasi yang efektif antara pihak kejaksaan dengan Polri.

"Hubungan koordinasi antara penyidik dengan penuntut umum, hubungan koordinasi antara Kabareskrim dengan Jampidum berjalan secara efektif, sehingga yang selama ini berkas perkara bolak-balik, kami tidak ada bolak-balik,” ucap Fadil menegaskan kepada wartawan di lobi gedung Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum, Jakarta Selatan, Rabu (28/09/2022).

Sementara itu Rabu kemarin, Jampidum menyatakan bahwa berkas perkara Sambo telah lengkap dan akan segera disidangkan.

"Persyaratan formil dan materiil telah terpenuhi," ucap Fadil menjelaskan.

Tag : #mahfud md    #kejagung    #hukum    #ferdy sambo    #polri    #menko pulhukam    #berkas perkara sambo   

Baca Juga