Makanan khas Temanggung, foto: Travelling.com

10 Makanan Khas Temanggung Paling Terkenal dan Enak

Wanovy | Travel | 15-09-2022

PARBOABOA, Temanggung - Ketika berkunjung ke Temanggung, tentunya tak lengkap jika belum mencicipi makanan khasnya. Beragam sajian kuliner unik dan lezat yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Masa liburan menjadi waktu yang sangat menyenangkan untuk dihabiskan bersama orang orang tersayang.

Pada masa tersebut biasanya orang orang akan bepergian ke berbagai objek wisata yang terdapat di dalam maupun di luar kota. Salah satu tempat yang kaya akan wisata alamnya adalah Temanggung.

Kabupaten yang berada di Jawa Tengah ini tak hanya menyuguhkan wisata alam yang menakjubkan, tetapi terdapat pula wisata kuliner yang begitu beragam.

Nah, berikut daftar makanan khas Temanggung yang paling direkomendasikan untuk Anda coba.

1. Balung Kuwuk

Makanan khas Temanggung pertama yang bisa Anda jadikan sebagai oleh- oleh adalah balung kuwuk.

Tahukah Anda jika kuliner yang satu ini bisa dikatakan kerikpiknya orang Temanggung. Nah bahan utama pembuatan balung kuwuk ini adalah ketela yang biasanya akan diiris tipis- tipis.

Proses awal pembuatan dimana ketela tersebut direbus lalu diiris tipis- tipis dan dijemur dibawah sinar matahari.

Jika sudah kering lalu digoreng dan juga akan menghasilkan keripik yang gurih, renyah dan juga nikmat karena juga akan diberikan bumbu pedas yang berasa dari cabai, saus tomat dan juga sedikit tambahan gula.

2. Ndas Borok

Meskipun namanya terbilang aneh, namun siapa sangka jika makanan khas temanggung yang satu ini sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai oleh- oleh untuk sanak keluarga atau juga tetangga Anda dikampung.

Ya, nama makanan khas Temanggung tersebut adalah ndas borok, tahukah Anda jika dalam bahasa Indonesia ndas borok tersebut memiliki arti kepala borokan.

Namun tenang, Anda tidak makan kepala. Karena ndas borok ini terbuat dari singkong dan juga kelapa yang sudah diparut terlebih dahulu dan pada bagian atasnya akan ditaburkan dengan gula jawa atau gula aren.

Proses membuatnya yaitu dengan cara dikukus sehingga nantinya gula jawa atau gula aren tersebut akan meleleh atau bisa dikatakan seperti saus caramel.

3. Sego Gono

Sego gono atau nasi gono, makanan khas Temanggung ini memang sekilas terlihat seperti nasi campur atau nasi goreng yang dimasak tanpa kecap.

Namun beda rasa beda penampilan, citarasa yang dihasilkan sego gono ini sangat kaya rasa. Nasi gono ini terbuat dari nasi, daun lembayung, kelapa parut, dan ikan teri.

Dari bahan-bahannya saja sudah terlihat kalau nasi gono ini mempunyai rasa yang gurih, asin, dan banyak tekstur renyah yang terdapat dari ikan teri dan parutan kelapanya.

4. Iwak Kali Laras Soropadan

Iwak kali laras soropadan merupakan makanan khas Temanggung yang bertemakan ikan kali. Makanan khas yang satu ini hanya bisa Anda jumpai di desa Soropadan, Temanggung.

Di sini hanya secara eksklusif menyajikan aneka iwak/ikan kali yang digoreng kering dan disajikan dengan sambel kosek yang terbuat dari cabe rawit dan bawang putih yang pedas dan mantap.

5. Sego Urap atau Nasi Urap

Sego urap atau nasi urap adalah makanan khas Temanggung yang berbahan dasar nasi dan sayuran.

Sego urap terbuat dari nasi hangat yang diberi lauk sayur-sayuran hijau dan dibumbui dengan parutan kelapa yang pedas, gurih, asin, manis.

Tidak lupa menambah kerupuk sebagai pelengkap. Bisa juga ditambah dengan tempe, dan tahu untuk menambah kelezatan sego urap ini.

Citarasa yang dihasilkan sangat luar biasa, dikarenakan parutan kelapa yang bercitarasa pedas dan gurih yang bertemu dengan nasi hangat, akan menambah kesan mantap saat menyantapnya.

6. Empis-empis

Belum lengkap rasanya jika sedang berkunjung di kota Temanggung belum mencicipi kuliner yang satu ini, yaitu empis-empis.

Makanan khas Temanggung ini adalah masakan berbahan dasar tahu, tempe, sayuran, cabe hijau, dan tetelan daging yang diolah dengan santan menggunakan bumbu komplit tampa diulek (dirajang). Secara tampilannya empis-empis ini mirip dengan sayur lodeh.

Rasa pedas gurihnya empis-empis siap memanjakan lidah dan bikin Anda ketagihan. Kenikmatan rasanya akan semakin bertambah jika disantap bersama nasi hangat.

Selain rasanya yang nikmat, tempe yang digunakan untuk membuat empis-empis bukan tempe biasa lho.

Masyarakat Temanggung biasanya menggunakan tempe bongkrek, yaitu tempe yang terbuat dari kedelai dan ampas kelapa.

7. Ketan Gudig

Ketan Gudig adalah makanan spesial di Kota Temanggung karena selalu disajikan saat hajatan atau perayaan.

Makanan khas Temanggung ini terbuat dari kacang gelandang dan beras ketan. Seperti namanya, makanan ini memiliki bentuk dan warna yang bertotol-totol hitam seperti kulit yang terkena penyakit gudig.

8. Mendut

Menjadikan kue sebagai oleh- oleh Anda tentu saja juga menjadi pilihan yang tepat. Nah kali ini makanan khas Temanggung yang bisa Anda jadikan oleh- oleh adalah mendut.

Mendut ini merupakan kue yang terbuat dengan bahan dasar beras ketan, teksturnya sangat kenyal, sekilas mirip dengan kue bugis yang merupakan kue khas Makassar, hanya saja rasanya berbeda.

Anda akan mendapatkan sensasi yang berbeda ketika Anda mencicipi makanan yang satu ini, karena bagaimana tidak, sewaktu Anda mengigitnya maka akan keluar cairan berwarna kecoklatan dengan rasa manis.

Nah cairan tersebut berasal dari gula merah yang dimasukkan sehingga sewaktu proses perebusan gula merah tersebut mencair.

9. Entho Cothot

Nah meskipun namanya terbilang sangat ekstrem, namun jika soal rasa dijamin Anda tidak akan pernah kecewa.

Nah makanan khas Temanggung tersebut dikenal dengan sebutan entho cothot. Makanan yang satu ini juga terbuat dari olahan singkong dengan rasa yang gurih, krispy dan juga manis, karena pada bagian dalamnya atau sebagai isiannya diberikan gula dan lalu digoreng hingga krispy.

10. Bajingan

Nama makanan khas Temanggung yang satu ini terdengar sangat ekstrem, yaitu Bajingan. Nama makanan ini diambil dari istilah supir gerobak sapi di Jawa Tengah dan Yogyakarta yang disebut Bajingan.

Meskipun namanya terdengar kasar, makanan khas Temanggung ini memiliki tekstur yang halus dengan rasa yang manis.

Bajingan ini terbuat dari singkong yang dimasak dengan gula merah, santan kental, dan daun pandan.

Sebagai bahan utama Bajingan, singkong yang digunakan adalah singkong yang berkualitas dengan tekstur empuk.

Nah, itulah tadi beberapa makanan khas Temanggung yang wajib Anda cicipi jika berada di Kota ini. Selamat mencoba!

Tag : #wisata temanggung    #temanggung    #travel    #kuliner temanggung    #jawa tengah   

Baca Juga