Serba serbi menu makanan lebaran terpopuler di Indonesia (Foto: Expatica)

11 Menu Makanan Khas Lebaran yang Paling Populer

Andre | Selera Nusantara | 18-04-2022

PARBOABOA - Lebaran Idul Fitri menjadi hari yang ditunggu-tunggu umat Islam Indonesia usai menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Setelah dua tahun dilarang mudik akibat pandemi, akhirnya tahun ini masyarakat dapat melakukan aktivitas mudik seperti sedia kala dan berkumpul bersama keluarga.

Momen bersama keluarga kurang lengkap rasanya tanpa kegiatan makan bersama seperti menyantap ketupat dan opor ayam yang telah menjadi perpaduan wajib dikonsumsi saat hari raya.

Selain itu, masih banyak lagi menu makanan lainnya yang tak boleh ketinggalan hadir di rumah. Berikut Parboaboa rangkum beberapa menu makanan lebaran terpopuler di Indonesia.

1. Ketupat

Ketupat (Instagram)

Ketupat adalah salah satu menu makanan yang wajib ada saat momen hari raya tiba. Makanan ini merupakan pengganti nasi yang memiliki bahan dasar beras dan dibungkus dengan anyaman daun kelapa muda atau terkadang menggunakan daun palma.

Saking melekatnya dengan tradisi Indonesia, ketupat juga dapat dikombinasikan dengan olahan makanan lainnya seperti opor ayam, soto ayam/daging, gulai kambing, sate ayam, tahu telur dan masih banyak lainnya.

Lalu, kombinasi mana yang paling sedap? Semuanya bisa dibilang nikmat, tinggal mengkreasikannya sesuai dengan selera keluarga masing-masing.

2. Opor Ayam

Opor Ayam (Instagram/resepoporayamku)

Siapa sih yang tak kenal dengan opor ayam? Menu makanan lebaran yang satu ini adalah teman sejati ketupat yang dikenal secara luas, bahkan hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Terbuat dari paduan kuah santan dan daging ayam serta beberapa bumbu lainnya seperti serai, kencur, kunyit, jahe, lengkuas, ketumbar dan garam, lalu dimasak secara perlahan yang membuat rasanya semakin meresap dan nikmat.

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki menu opor ayam dengan varian yang berbeda-beda.

Lihat juga: Cara Membuat Opor Ayam Kuning

3. Rendang Daging

Rendang (Instagram/sipadeh_mami)

Masakan daging yang berasal dari Minangkabau ini tentu sudah tak asing di lidah masyarakat Indonesia. Tak hanya populer di Indonesia, rendang juga termasuk ke dalam daftar makanan terenak di dunia.

Rendang merupakan makanan khas lebaran yang nikmat karena dimasak dengan proses yang lama, sehingga melembutkan daging dan membuat seluruh rempah serta bumbu meresap secara dalam.

Lihat juga: Resep Membuat Rendang

4. Semur Daging

Semur Daging (Bango)

Menu makanan lebaran yang terbuat dari bahan baku daging lainnya adalah semur daging. Makanan ini biasanya dibuat oleh keluarga yang tidak menghidangkan rendang sebagai menu masakan lebaran di rumah.

Akan tetapi, beberapa keluarga juga menghidangkan keduanya secara bersamaan sebagai menu lebaran yang komplit untuk disantap.

Olahan semur daging memiliki rasa yang manis dan gurih karena rempah-rempahnya yang meresap ke dalam daging. Untuk membuatnya, kamu bisa menggunakan beberapa pilihan daging seperti sapi, ayam dan kambing.

5. Soto

Soto (Instagram/soto.omah)

Soto adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Hidangan ini memiliki berbagai variasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Misalnya, soto Medan dari Sumatera Utara, solo Lamongan dari Jawa Timur, soto Betawi dari Jakarta, soto Madura, hingga soto Padang dari Sumatera Barat.

Lihat juga: Resep Soto Betawi Penuh dengan Jeroan

6. Sambal Goreng Hati dan Kentang

Sambal Goreng Hati dan Kentang (Instagram/resep_masak)

Menu makanan lebaran khas Idul Fitri selanjutnya adalah sambal goreng hati dan kentang atau yang sering disebut dengan sambal goreng ati.

Hidangan ini cukup mudah dibuat karena terdiri dari bahan yang mudah didapatkan seperti hati dan ampela ayam, sambal serta potongan kentang.

Selain sering dihidangkan saat momen lebaran, sambal goreng ati juga kerap ditemui di berbagai acara lainnya seperti pernikahan dan arisan.

Tidak hanya itu, hidangan ini juga sangat cocok dimakan dengan berbagai menu masakan lainnya.

Lihat Juga: 5 Resep Sambal Khas Indonesia

7. Sate Ayam

Sate Ayam (Instagram/taqwa_officiall)

Seperti namanya, sate ayam terbuat dari daging ayam yang dipanggang di atas arang kelapa agar memberikan sedikit sensasi asap yang meresap di daging ayam. Tak lupa, daging ayam dilumuri dengan kecap dan saus kacang untuk menambah cita rasa gurih dan manis.

Tak hanya dihidangkan saat lebaran, sate ayam juga kerap menjadi pengisi makanan di berbagai acara dan perayaan lainnya.

Lihat Juga: Bahan dan Bumbu Membuat Sate Taichan

8. Gulai

Gulai Ayam (Instagram/resepmasakansimbok)

Menu makanan lebaran tak lengkap rasanya tanpa adanya gulai, makanan berbahan baku daging yang diolah dalam kuah bumbu yang kaya akan rempah dan bercita rasa gurih.

Untuk jenisnya, kamu tidak perlu bingung, karena gulai memiki berbagai macam variasi, mulai dari gulai ayam, gulai daging (sapi dan kambing), jeroan, ikan dan hidangan laut, hingga sayur-sayuran.

9. Kare Ayam

Kare Ayam Pedas (Instagram/menurendahkalori)

Menu makanan lebaran lainnya yang bisa dicoba adalah kare ayam. Kari atau kare ayam umumnya menggunakan ayam kampung agar rasanya semakin gurih.

Untuk memasak kari biasanya dibutuhkan rempah seperti salam, kunyit, lengkuas, asam, cengkeh, ketumbar, bawang merah & putih dan cabai.

Kari yang memiliki warna kuning kemerahan tentu sangat menggoda selera, terutama bagi pecinta makanan pedas. Rasa kuahnya yang strong, dipadukan dengan daging ayam yang lembut membuat kita terlena dengan nikmatnya.

10. Lontong Medan

Lontong Sayur Medan (Instagram/cafe_rumah_pohon)

Di Medan, khususnya Sumatera Utara, lontong sayur punya khas tersendiri karena toppingnya yang beragam dan bikin perut kenyang.

Dengan tambahan udang, tauco dan kecombrang, lontong sayur Medan terasa lebih harum, gurih dan sedap.

Lontong medan biasanya dilengkapi dengan bihun goreng, mie lidi, kerupuk kentang, ikan teri dan tempe sambal, yang membuat makanan ini menjadi favorit banyak orang.

11. Kurma

Bolu Kurma (Coockpad/qoryn)

Buah kurma menjadi santapan wajib di waktu Ramadhan dan Lebaran. Buah yang berasal dari Arab ini bisa dimakan langsung ataupun diolah menjadi makanan enak yang bisa disajikan saat hari lebaran. Beberapa diantaranya seperti nastar isi kurma, kurma dibalut coklat, nasi kurma, hingga brownis kurma.

Lihat Juga: Buah yang Dianjurkan dan Baik Dikonsumsi Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Dari sekian daftar menu makanan lebaran di atas, mana nih yang menjadi menu favoritmu? Apakah kamu sudah punya gambaran untuk hidangan lebaran nanti?

Selain menu makanan lebaran di atas, kamu juga bisa menyajikan kue kering seperti kastengel, nastar, hingga kue lebaran yang lagi trend.

Tag : #kuliner lebaran    #makanan lebaran    #selera nusantara    #opor ayam    #rendang daging    #semur   

Baca Juga