Nastar Keju (Dok:Cookpad.com)

10 Jenis Kue Kering Khas Lebaran Yang Populer

Ester | Selera Nusantara | 14-04-2022

PARBOABOA - Memasuki bulan suci Ramadhan, salah satu tradisi yang banyak diterapkan oleh masyarakat Indonesia adalah menyajikan kue kering khas lebaran. Di ulasan ini, Parboaboa telah merangkum resep kue kering lebaran yang dapat menjadi referensi untuk hidangan Idul Fitri nanti.

Jika membahas seputar Lebaran, pasti banyak dari kalian yang langsung memikirkan sajian khas Lebaran. Beberapa sajian yang identik dengan Lebaran adalah rendang, ketupat, opor ayam, es buah, dan masih banyak lagi.

Tidak ketinggalan pula aneka kue kering Lebaran yang menjadi hal yang cukup sering disajikan saat berbuka puasa dan Idul Fitri nanti. Meskipun puasa masih berjalan selama 2 minggu, namun kamu sudah dapat memikirkan kue kering Lebaran apa yang akan kamu suguhkan nanti.

Hal itu dikarenakan, biasanya akan ada banyak keluarga yang bersilaturahmi untuk sekedar menyapa atau ingin menyaluarkan kebahagian dibulan suci Ramadhan ini. Jadi tidak mungkin kamu tidak menyajikan apa-apa untuk menjamu para tamu nantinya.

Jika kamu kebingungan untuk menemukan resep kue kering Lebaran, di bawah ini Parboboa telah memberikan 10 jenis kue kering khas lebaran yang dapat kamu buat di rumah untuk disajikan kepada tamu maupun kamu jual.

1. Lidah Kucing

Seperti namanya,lidah kucing adalah salah satu kue kering yang berbentuk seperi lidah kucing. Kue kering khas Lebaran ini memiliki rasa yang gurih, renyah, dan enak.

Biasanya lidah kucing sering dikreasikan dengan coklat, keju, selai kacang, ataupun yang lainnya untuk menambah varian rasa dari kue ini.

2. Nastar

Jika membahas kue kering khas Lebaran, nastar memang sudah identik dengan hal itu. Kue yang satu ini terbuat dari adonan tepung terigu, mentega, dan telur. Biasanya dalam nastar diisi dengan selain nanas atau coklat, dan rasa lainnya yang dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Nastar memiliki bentuk bulat dengan diameter sekitar 2-3 cm. Di atasnya kamu dapat memberikan parutan keju, kismis kecil, dan lain sebagainya.

3. Bola-bola Cokelat

Bola-bola coklat adalah satu menu kue kering Lebaran yang paling banyak disukai oleh anak-anak. Dengan bentuknya yang kecil mirip permen, kue ini kerap menjadi serbuan anak-anak saat lebaran.

Selain rasanya yang enak, cara penyajian dari menu ini pun cukup unik. Bola-bola coklat akan dicelupkan ke dalam coklat dan diberikan roping sesuai dengan selera masing-masing.

4. Putri Salju

Selanjutnya ada kue putri salju yang memiliki bentuk yang cukup khas yaitu bulan sabit. Kue ini memiliki rasa yang manis karena dilapisi dengan gula halus seperti salju. Tidak heran mengapa disebut sebagai putri salju.

Bahan utama dalam membuat kue ini adalah adonan tepung terigu, tepung maizena, mentega, dan kuning telur yang dioven sampai matang dan gula halus.

5. Kue Bawang

Kue bawang adalah kue kering khas Lebaran yang tergolong mudah untuk dibuat. Selain menjadi menu khas Lebaran, kue bawang juga sering menjadi cemilan di sore hari karena memiliki bentuk seperti stik bawang.

Rasa dari kue kering ini sangat gurih. Kamu juga dapat mengkreasikan kue bawang ini nantinya pada saat Idul Fitri atau bisa menjadi ide jualan kamu.

6. Kaasstengels

Kaasstengels adalah kue kering yang bahan utamanya terbuat dari tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju. Selain itu, kaasstengels juga memiliki ukuran seperi persegi panjang dengan panjang 3-4 cm dan lebar 1 cm.

Kue kering lebaran yang satu ini cukup sering disajikan karena cara pembuatannya yang mirip dengan nastar.

7. Kukis

Siapa yang tidak mengenal kukis? Kue kering yang satu ini memang cukup digemari banyak masyarakat indonesia karena rasanya yang enak dan gurih. Selain itu, kukis juga dapat dikreasikan sesuka hati untuk menambahkan rasa.

Bahan dasar dari kukis ini cukup mudah. Hanya dengan menambahkan tepung, gula, beberapa jenis minya,dan bahan tambahan lain seperti choco chips dan coklat.

8. Semprit Mawar

Bisa dibilang, kue kering khas Lebaran yang satu ini adalah kue Lebaran yang paling cantik. Pasalnya, kue semprit memiliki bentuk yang menyerupai bunga mawar dan rasanya yang enak serta lembut.

Banyak orang yang sering mengkreasikan kue kering Lebaran ini dengan menambahkan chocho chips di atasnya, selai, atau parutan keju halus.

9. Kue Bangkit

Mirip dengan semprit, kue bangkit adalah salah satu kue kering Lebaran yang memiliki bentuk cantik. Namun yang unik dari kue kering ini adalah, kamu juga dapat mengkreasikan bentu lain dari kue ini,

Jadi tidak hanya dalam bentuk bunga mawar saja, kamu juga bisa membuat kue bangkit berbentuk hewan lucu.

10. Kue kering kacang tanah

Jika membahas kue kering Lebaran, kurang lengkap jika kita tidak membahas kue kering kacang tanah. Seperi namanya, kue kering ini memiliki rasa kacang yang gurih dan nikmat.

Kamu juga dapat mengekreasikan kue ini ke dalam bentuk-bentuk yang kamu suka. Beberapa bentuk kue kacang tanah yang sering dibuat oleh banyak orang adalah bulat, love, bunga mawar, dan masih banyak lagi.

Itulah 10 macam-macam kue kering Lebaran yang bisa menjadi referensi kamu untuk menyajikan hidangan saat hari raya nanti. Jadi kamu akan membuat kreasi kue kering yang mana nih?

Temukan banyak resep kue kering Lebaran lengkap di ulasan Parboaboa yang lainnya.

Tag : #kuliner lebaran    #kue kering    #selera nusantara    #kue kering lebaran    #lebaran    #ramadhan    #idul fitri   

Baca Juga