Sirkuit Mandalika, Lombok, Indonesia.

Mandalika Konfirmasi Tuan Rumah MotoGP, Tinggal Tunggu Izin Pemerintah

Maraden | Olahraga | 22-09-2021

PARBOABOA, Jakarta – Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai Pengelola event MotoGP untuk sirkuit internasional Mandalika telah mengonfirmasi bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP untuk musim 2022. Kejuaraan balap motor profesional kelas utama dunia itu akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Indonesia pada awal musim 2022, tepatnya di bulan Maret.

Namun pihak MGPA masih menunggu keputusan pemerintah Indonesia terkait izin dalam gelaran MotoGP Mandalika, temasuk ijin menghadirkan penonton. Hal itu lantaran kondisi pandemi di Indonesia yang saat ini belum sepenuhnya reda dan masih ada pembatasan di sejumlah lokasi, termasuk di Sirkuit Mandalika.

"Saat ini kami sedang menunggu keputusan pemerintah dalam hal aturan protokol kesehatannya dan juag menentukan jumlah penonton yang diperbolehkan hadir di Madalika nanti," kata Chief Strategic and Communication MGPA, Happy Harinto, Selasan 21 September 2021.

Menurut Happy, MGPA saat ini tengah berkonsentrasi penuh terhadap persiapan teknis sarana serta prasarana yang berhubungan dengan balapan yang dipersyaratkan oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) sebagai penentu perhelatan MotoGp.

"Kami bersiap melakukan pemasangan Pit Building Modular Bongkar Pasang yang semua komponennya  di hasilkan dari produk dalam negeri. Selain itu, kami sedang mengatur Race Control elektronik yang mana peralatan ini sangat penting sekali dalam kegiatan balap," jelas Happy yang juga Wakil Ketua Umum IMI.

Sirkuit Mandalika telah masuk Kalender sementara MotoGP 2022, juga sudah terkonfirmasi menjadi venue tes pramusim tahun depan. Dorna Sports menetapkan dua lokasi sebagai lintasan untuk tes pramusim, yakni Sirkuit Sepang di Malaysia dan Sirkuit Mandalika di Indonesia. Untuk pelaksanaan pre-test di Mandalika rencananya akan digelar pada Februari 2022.

Bocoran kalender MotoGP 2022 mengatakan Sirkuit Mandalika akan kebagian pelaksanaan MotoGP pada seri kedua yaitu 13 atau 20 Maret 2022. Mandalika akan menjadi tuan rumah MotoGP setelah seri pertama digelar di Sirkuit Losail di Qatar pada 6 Maret. Setelah Madalika, selanjutnya MotoGP akan digelar di Argentina dan Texas pada 2022 nanti.

Namun ini baru bocoran kalender sementara dan belum secara resmi dirili. Dorna Sports isa saja membatalkan seri yang digelar di Asia apabila kondisi pandemi Covid-19 masih belum terkendali.

Selain menggelar balap MotoGP 2022, pada pertengahan November 2021 Sirkuit Mandalika juga akan menjadi lokasi balap kejuaraan dunia superbike (World Superbike/WSBK).

Tag : #olahraga    #motogp    #motogp mandalika    #lombok nusa tenggara barat    #dorna sports    #sirkuit mandalika   

Baca Juga