Susu Kambing Etawa (Foto: Harapan Rakyat)

Segudang Manfaat Susu Kambing Etawa Bagi Kesehatan, Cocok Untuk Semua Umur

Olivia | Kesehatan | 10-09-2022

PARBOABOA - Susu adalah cairan bergizi yang pada dasarnya berwarna putih dan dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia, seperti manusia dan hewan. Namun ada juga susu yang berasal dari tumbuhan, yakni susu kedelai.

Susu merupakan sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia.

Selain susu sapi, susu yang bisa dikonsumsi manusia dan dipercaya memiliki segudang manfaat yakni susu kambing. Dan susu kambing yang dipercaya baik untuk kesehatan tubuh adalah susu kambing Etawa.

For your information, kambing Etawa merupakan jenis kambing hasil persilangan kambing jamnapari dari India dengan kambing lokal asal Indonesia. Karena mudah untuk diternakkan, maka masyarakat pun mulai menjadikannya sebagai ternak untuk diambil manfaatnya.

Sebelum mengonsumsinya, ada baiknya kamu mengetahui manfaat susu kambing Etawa bagi kesehatan, berikut ini

1. Menurunkan Kolesterol

Manfaat susu kambing Etawa yang pertama yakni menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan mengandung asam lemak esensial seperti arakidonat dan linoleat.

Dibandingkan lemak esensial pada susu sapi, susu kambing Etawa memiliki kandungan yang lebih tinggi, sehingga bisa dijadikan sumber energi bagi tubuh dan menjadi lemak baik jika disimpan tubuh.

2. Mengatasi Osteoporosis

Orang tua yang sudah lanjut usia (lansia) dan memiliki masalah osteoporosis sangat cocok mengonsumsi susu hewani ini. Susu kambing Etawa dipercaya dapat mempercepat regenerasi hemoglobin, sehingga secara yang aman dan alami bisa mengatasi masalah pengeroposan tulang serta anemia.

3. Baik untuk Kesehatan Jantung

Detak jantung normal membutuhkan asupan magnesium yang cukup. Untuk mendapatkan magnesium yang dimaksud, kamu bisa mengonsumsi susu kambing Etawa. Kadar magnesium pada susu ini cukup tinggi, sehingga dapat juga mencegah penggumpalan darah yang nantinya bisa meningkatkan level kolesterol.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Kamu sering mengalami masalah disaluran pencernaan terutama ketika meminum susu sapi? Jangan khawatir, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi susu kambing Etawa. Karena kandungan laktosa pada susu ini lebih rendah daripada susu sapi. Jadi lebih mudah diserap tubuh dan tidak mengganggu sistem pencernaan.

5. Mencegah Stres hingga Penyakit Saraf

Manfaat susu kambing Etawa selanjutnya yakni mencegah stress dan berbagai penyakit saraf lainnya. Dengan mengonsumsi susu ini, tubuh kamu akan lebih rileks dan kandungan zinc serta magnesiumnya dipercaya bisa memperkuat jaringan saraf.

6. Baik untuk Ibu Hamil dan Meningkatkan Produk ASI

Susu ini tidak hanya baik bagi lansia saja, ibu hamil dan menyusui pun sangat cocok mengonsumsinya. Gizi yang terkandung di dalamnya sangat dibutuhkan ibu hamil, sehingga dapat menyehatkan janin serta juga bisa meningkatkan produksi ASI.

7. Mengobati Diabetes

Kandungan A2-betakasein dan asam amino esensial pada susu kambing Etawa sangat baik bagi penderita diabetes untuk pembentukan insulin. Disarankan bagi penderita penyakit diabetes, jangan menambahkan pemanis apapun ke dalam susu tersebut agar khasiat yang diberikan lebih terasa.

8. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Di dalam susu kambing Etawa juga bisa ditemukan vitamin A yang bermanfaat memperkuat daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin tersebut juga bisa menjaga kesehatan mata.

9. Mengatasi Penyakit Tuberkulosis (TB) dan Asma

Manfaat berikutnya adalah mengatasi penyakit Tuberkulosis (TB) dan Asma karena mengandung flourin dan betacasein. Rutin meminum susu ini akan membantu dalam membersihkan organ-organ yang berhubungan dengan alat pernapasan.

10. Baik untuk Kacantikan

Kesehatan dan kecantikan kulit tidak hanya berasal dari skincare yang kamu pakai setiap hari. Kamu juga membutuhkan asupan nutrisi bagi kulit kamu agar lebih cerah.

Nah, susu kambing Etawa ini juga dapat mencerahkan kulit, mengecilkan pori-pori hingga mengatasi kulit berjerawat. Karena kaya akan silicon dan mineral yang dibutuhkan kulitmu.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada susu kambing Etawa, seperti Protein, Karbohidrat, Kalsium, Fosfor, Sodium, Vitamin A, Vitamin B2, Vitamin B3, Laktoferin, membuatnya sangat aman dikonsumsi siapa saja.

Untuk aturan minum susu kambing Etawa, bisa dilakukan 2 kali sehari atau 3 kali sehari, sesuai kebutuhan.

Itulah informasi seputar manfaat susu kambing Etawa. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Salam Sehat!

Tag : #susu    #susu kambing etawa    #kesehatan    #manfaat susu    #penyakit   

Baca Juga