Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Dok.SINDOnews)

Masa Jabatan Habis Oktober, Anies Baswedan: Saya Masih Terus Bekerja di Jakarta

Wulan | Nasional | 22-06-2022

PARBOABOA, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengaku tak mengambil pusing terkait masa jabatannya yang akan segera berakhir pada Oktober mendatang.

Anies berjanji bahwa dirinya akan tetap fokus dan terus menata Jakarta. Ia mengaku akan bekerja sampai masa baktinya tuntas.

"Saya masih terus bekerja di Jakarta. Tidak ada kata akhir sampai sudah tuntas," kata Anies di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (22/6/2022).

Anies juga menegaskan, fokusnya bekerja sebagai gubernur tidak akan menurun. Ia mengatakan akan terus bekerja seakan dirinya baru pertama kali menjabat.

"Sekarang fokus seakan kita masih bertugas bertahun-tahun. Jangan seakan kita masih bertugas tinggal beberapa bulan lalu kemudian slow down," ujar Anies.

"Tetap jalan terus, tetap fokus di Jakarta, tetap memastikan bahwa semua program berjalan dengan baik," imbuhnya.

Diketahui, Anies akan menyelesaikan masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 16 Oktober 2022.

Dalam sebuah kesempatan, Anies belum menanggapi saran untuk dirinya agar merapat atau bergabung dalam kader politik jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Anies pun turut mengungkap rencana aktivitasnya selepas masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta telah usai.

"Ya nanti break dulu lah sebentar, habis itu baru," kata Anies beberapa waktu lalu.

Anies terpilih sebagai Gubernur pada Pilgub DKI Jakarta 2017 silam. Saat itu ia berpasangan dengan Sandiaga Uno yang saat ini sudah menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Keduanya berhasil mengalahkan pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni.

Pada pertengahan masa jabatan, Sandiaga Uno memutuskan mundur dari kursi Wagub untuk mengikuti Pilpres 2019. Kedudukannya digantikan oleh Ahmad Riza Patria.

Masa bakti Anies-Riza akan berakhir Oktober mendatang. Setelah itu, pemerintah akan menunjuk penjabat kepala daerah untuk memimpin Jakarta sampai digelar Pilgub serentak 2024 mendatang.

Tag : #anies baswedan    #gubernur dki jakarta    #nasional    #penjabat kepala daerah    #pilkada serentak    #pilkada 2024   

Baca Juga