Mata uang rupiah dan dolar AS (ANTARA FOTO/INDRIANTO EKO SUWARSO/YU)

5 Mata Uang Terendah Di dunia, Indonesia Masuk?

Wulan | Internasional | 06-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Tinggi rendahnya mata uang suatu negara dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap nilai mata uang yakni tingkat permintaan dan penawaran terhadap mata uang.

Berbicara soal tinggi rendahnya mata uang, tahukah Anda bahwa beberapa mata uang terendah di dunia saat ini memiliki nilai tukar yang sangat jauh dengan mata uang dolar Amerika Serikat (USD) dan euro (EUR).

Untuk mengetahui nilai tukar tersebut, setiap mata uang terendah di dunia atau sebaliknya akan dibandingkan dengan dolar AS serta poundsterling atau pounds.

Penasaran, berikut ini 7 daftar negara dengan nilai mata uang terendah di dunia.

1. Rial (Iran)

Rial Iran menempati posisi peringkat pertama sebagai mata uang terendah di dunia. Nilai konversinya yaitu 1 USD sama dengan 42.025 IRR (dolar AS ke rial Iran – kurs resmi). Penyebab utama menurunnya nilai tukar IRR terhadap USD adalah konflik militer di Iran-AS. Untuk menyiasati hal tersebut, pemerintah Iran melakukan kebijakan dengan mengganti mata uang Rial Iran menjadi Toman dan juga memangkas empat nol pada mata uang Rial Iran.

2. Dong (Vietnam)

Dong Vietnam menempati peringkat kedua sebagai mata uang terendah di dunia. Vietnam saat ini termasuk negara termiskin di dunia. Namun, para pakar ekonomi terkemuka meyakinkan bahwa Vietnam berada di jalur yang benar dan akan segera menyusul negara-negara lain di Asia Tenggara. Saat ini, 1 dollar AS nilainya setara dengan 22.693 dong Vietnam.

3. Rupiah (Indonesia)

Walaupun kondisi ekonomi Indonesia cukup maju di kawasan negara Asia Tenggara, namun mata uang rupiah ternyata masuk ke dalam daftar mata uang terendah di dunia. Meski begitu, jika dilihat dari beberapa waktu belakangan ini perekonomian Indonesia masih baik. Pada Febuari 2022 lalu, nilai konversi 1 USD sama dengan Rp. 14.380 (dolar AS ke rupiah Indonesia).

4. Leone (Sierra Leone)

Pada posisi keempat dengan mata uang terendah di dunia adalah Sierra Leone. Mata uang ini memiliki kode SLL. Sierra Leone diketahui memiliki berbagai macam hambatan untuk memajukan ekonominya. Sebut saja perang dan juga wabah Ebola. Untuk 1 Dolar AS jika ditukarkan menjadi Sierra Leone akan mendapatkan tak kurang dari 11.800 ribu SLL dan sekitar 13.000 untuk Euro.

5. Kip (Laos)

Terakhir, mata uang terendah di dunia adalah Kip laos atau LAK. Sejak diterbitkan tahun 1952, mata uang negara Laos ini sudah memiliki nilai tukar yang sangat rendah. Meski demikian mata uang ini pada momen tertentu pernah melawan USD. Jika ditukarkan 1 USD sama dengan 11.348 LAK (dolar AS ke kip Laos).

Itulah daftar 5 negara dengan mata uang terendah di dunia. Mengetahui fakta bahwa situasi ekomomi di berbagai negara yang berjalan dinamis, maka urutan di atas bisa berubah kapan saja.

Tag : #uang    #mata uang    #internasional    #mata uang terendah    #mata uang terendah di dunia    #rial    #dong    #rupiah    #leone    #kip   

Baca Juga