Megawati Soekarnoputri akan dilantik menjadi ketua BRIN

Megawati akan Dilantik Menjadi Ketua Dewan Pengarah BRIN

rini | Nasional | 13-10-2021

PARBOABOA, Jakarta - Presiden Joko Widodo akan melantik Megawati Soekarnoputri sebagai ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada hari ini, Rabu, 13 Oktober 2021, yang digelar pada pukul 13.30 WIB di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan ini dibenarkan oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, namun nama sejumlah dewan lain yang juga akan dilantik masih dirahasiakan. 

Dalam Perpres baru yang ditandatangani presiden Nomor 33 Tahun 2021 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN, ketua Dewan Pengarah BRIN akan bertugas memberikan arahan, masukan, evaluasi, persetujuan atau rekomendasi kebijakan.

BRIN adalah lembaga pemerintah nonkementerian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden Indonesia yang bertanggung jawab atas urusan pemerintahan di bidang riset dan teknologi

Adapun tugas BRIN adalah membantu presiden dalam menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan serta invensi dan inovasi secara nasional yang terintegrasi serta melakukan monitoring pengendalian dan evaluasi pelaksanaan tugas dan fungsi Brida.

Ada empat Lembaga Pemerintah Nonkementrian (LPNK) yang berada di bawah naungan BRIN yaitu: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

Tag : #nasional    #presiden joko widodo    #megawati    #dilantik    #ketua brin   

Baca Juga