Mengenal Paleontologi (Dok: Parboaboa)

Mengenal Paleontologi: Pengertian, Manfaat, Prinsip, dan Cabangnya

Sarah | Pendidikan | 13-06-2022

PARBOABOA - Sebelumnya kita telah membahas tentang arkeologi. Nah, pada kesempatan ini kita akan menambah wawasan dengan mempelajari Paleontologi.

Paleontologi merupakan ilmu bantu dalam sejarah yang mempelajari tentang kehidupan masa lalu geologis dan melibatkan analisis fosil tumbuhan dan hewan.

Hal ini berkaitan dengan semua aspek biologi yang dimiliki oleh kehidupan purba: bentuk dan strukturnya, pola evolusi, hubungan taksonomi satu sama lain dan hubungannya dengan spesies hidup modern, distribusi geografis, dan keterkaitan dengan lingkungan.

Nah, untuk kamu yang ingin memperlajari lebih dalam tentang Paleontologi, yuk ikuti penjelasan dibawah ini!

Pengertian Paleontologi

Paleontologi adalah ilmu alam yang berkaitan dengan biologi dan geologi yang bertujuan untuk merekonstruksi makhluk hidup yang punah, asal-usulnya, hubungan mereka, lingkungan dan migrasi yang berkaitan dengan sisa-sisa mereka.

Pengertian Paleontologi Menurut Para Ahli

Adapun pengertian paleontologi menurut para ahli, yakni:

-Beates dan Jackson (1987)

Paleontologi adalah studi yang berkaitan dengan kehidupan pada waktu lampau geologi, berdasarkan fosil tumbuhan dan binatang dan termasuk fitogeni (ilmu yang mempelajari jaringan/hubungan diantara kelompok-kelompok organisme), hubungannya dengan tetumbuhan, binatang dan lingkungan yang ada, serta makna kronologi sejarah bumi.

Shirock dan Twen Hofel (1952)

Paleontologi adalah ilmu yang mengkaji tentang kehidupan masa lampau dalam skala umur geologi. Studi paleontologi dibatasi oleh skala waktu geologi yaitu umur termuda adalah Kala Holosen (0,01 juta tahun yang lalu).

Manfaat Paleontologi

Paleontologi merupakan ilmu bantu sejarah bermanfaat dalam mengungkapkan hasil penelitian fosil-fosil manusia purba.

Ilmu ini akan membantu kita untuk merekonstruksi makhluk hidup yang hidup di zaman kuno, mempelajari asal usulnya, perubahannya dari waktu ke waktu dan hubungan yang terjadi di antara mereka dan dengan lingkungan mereka, distribusi spasial dan migrasi yang berbeda, kepunahan, proses fosilisasi dan korelasi dan penanggalan batuan yang mengandungnya.

Tak hanya itu, paleontologi juga akan membantu kita untuk memahami keanekaragaman hayati yang kita miliki saat ini serta distribusi semua makhluk hidup yang kita amati di planet ini.

Paleontologi akan memberikan bukti penting untuk menyelesaikan beberapa kontroversi ilmiah paling penting yang telah muncul dari waktu ke waktu mengenai evolusi makhluk hidup dan arus dari benua, di samping menyediakan mereka dengan alat yang diperlukan untuk analisis tentang bagaimana perubahan iklim dapat mempengaruhi biosfer.

Prinsip Paleontologi

Adapun prinsip-prinsip yang menjadi dasar paleontologi adalah:

-Prinsip aktualisme biologis: prinsip ini akan memberi tahu kita bahwa untuk menafsirkan fosil kita harus menerima makhluk purba diatur oleh hukum fisika dan biologis yang sama, dan mereka juga memiliki kebutuhan yang sama seperti saat ini.

-Prinsip anatomi komparatif: menempatkan fosil di tempat yang semestinya dan mendapatkan titik rujukan untuk menerapkan prinsip korelasi organic dengan tujuan merekonstruksi hewan yang lengkap.

-Prinsip korelasi organik: prinsip ini akan memberi tahu kita bahwa setiap organisme membentuk satu set di mana bagian-bagiannya saling melengkapi sehingga dapat dikenali oleh setiap fragmen, termasuk sepotong tulang untuk mengidentifikasinya.

-Prinsip korelasi fungsional: prinsip ini adalah bagian dari Paleontologi yang mempelajari hubungan antara bentuk dan fungsi, dengan kata lain mencoba untuk menghubungkan struktur yang terlihat dalam fosil dengan fungsi yang dimilikinya. dalam tubuh saat masih hidup.

-Prinsip stratigrafi Overlay: prinsip ini akan memberi tahu kita bahwa dalam rangkaian stratigrafi normal, strata bawah lebih tua dari strata atas.

-Prinsip korelasi stratigrafi: prinsip ini adalah strata dari era yang sama yang memiliki fosil serupa.

Cabang Paleontologi

Ada beberapa cabang yang berkaitan langsung studi paleontologi, antara lain:

-Paleobotani bertanggung jawab untuk mempelajari tanaman.

-Paleozoologi bertanggung jawab untuk melakukan studi pada hewan.

-Paleoklimatologi dan paleoekologi bertanggung jawab untuk mempelajari flora dan fauna dan hubungannya dengan lingkungan dan distribusi geografisnya.

-Paleoantropologi bertanggung jawab untuk mempelajari sejarah manusia.

Perbedaan Paleontologi dengan Arkeologi

Paleontologi dan arkeologi memiliki beberapa kesamaan terutama dalam cara kerjanya. Hal itu karena kedua ilmu ini mencari “elemen” dan merekonstruksi cerita dari masa lalu.

Namun, paleontologi bertugas mempelajari fosil untuk merekonstruksi sejarah kehidupan di bumi, sedangkan arkeologi adalah ilmu yang mempelajari sisa-sisa manifestasi budaya yang diciptakan oleh manusia dan segala macam bukti tindakan manusia.

Itulah sekilas info tentang pengertian paleontologi lengkap dengan manfaat, prinsip, dan cabangnya. Semoga membantu.

Tag : #paleontologi    #sejarah    #pendidikan    #zaman purba    #arkeologi   

Baca Juga