Universitas Oxford (Dok. wallpaperaccess.com)

Mengenal Universitas Oxford, Perguruan Tinggi Tertua di Inggris

Sondang | Pendidikan | 04-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Siapa sih yang gak kenal universitas Oxford? Kampus yang satu ini dikenal telah melahirkan tokoh-tokoh dunia seperti Albert Einstein, Margaret Thatcher, Benazir Bhutto, Aung San Suu Kyi hingga Presiden Amerika Serikat ke-42 Bill Clinton.

Ada juga artis tanah air, Maudy Ayunda yang berhasil menyicipi pendidikan di universitas tersebut. Pemain film Perahu Kertas itu lulus dari Oxford pada tahun 2016 lalu. Maudy mengambil jurusan P.P.E (Politics, Philosophy, and Economics) dan berhasil mendapat predikat cumlaude hanya dalam waktu 3 tahun.

Namun, Universitas Oxford tidak berdiri begitu saja. Kampus tersebut diketahui telah melewati masa-masa yang sulit hingga berhasil mencapai puncak kejayaannya seperti saat ini. Klik di sini untuk mengetahui sejarah berdirinya universitas Oxford.

Jurusan di Oxford University

Secara akademik, fakultas serta jurusan University of Oxford ada di bawah divisi akademik. Ada empat divisi akademik di Universitass Oxford yaitu diantaranya (1.) Humanities (Humaniora), (2.) Mathematical, Physucal, and Life Sciences (Matematika, Fisika dan Ilmu Hayati), (3.) Medical Sciences (Ilmu Kesehatan) dan (4) Sosial Sciences (Ilmu Sosial).

Oxford Humanities (Divisi Humaniora)

  1. Institut Amerika (Rothermere American Institute).
  2. Sekolah Kesenian (Ruskin School of Art).
  3. Fakultas Klasik (Faculty of Classics)
  4. Fakultas Bahasa dan Sastra Inggris (Faculty of English Language and Literature)
  5. Faculty of History (Fakultas Sejarah).
  6. Faculty of Linguistics, Philology and Phonetics and Phonetics Laboratory (Linguistik, Filologi dan Fonetik).
  7. Fakultas Bahasa Abad Pertengahan dan Modern (Faculty of Medieval and Modern Languages)
  8. Faculty of Music (Musik).
  9. Faculty of Oriental Studies (Studi Oriental).
  10. Fakultas Filsafat (Faculty of Philosophy).
  11. Faculty of Theology and Religion (Teologi dan Agama).

Oxford Mathematical, Physical, and Life Scienses

  1. Kimia (Department of Chemistry).
  2. Ilmu Komputer (Departement of Computer Science).
  3. Ilmu Bumi (Departement of Earth Sciences).
  4. Ilmu Teknik (Department of Engineering Sciences).
  5. Material (Department of Materials).
  6. Institut Matematika (Mathematical Institute).
  7. Fisika (Department of Physics).
  8. Ilmu Tumbuhan (Department of Plant Sciences).
  9. Statistik (Departement of  Statistics)
  10. Zoologi (Department of Zoology).

Medical Sciences of Oxford University (Divisi Ilmu Kesehatan)

  1. Biokimia (Departement of Biochemistry).
  2. Kedokteran Klinik (Nuffield Department of Clinical Medical).
  3. Neurosains Klinis (Nuffield Departement of Clinical Neurosciences).
  4. Psikologi Eksperimental (Departement of Experimental Psychology).
  5. Kodekteran (Radcliffe Department of Medicine).
  6. Onkologi (Department of Oncology).
  7. Ilmu Ortopedi, Rematologi dan Muskuloskeletal (Nuffield Department of Orthopaedics, Rheumatology and Musculoskeletal Sciences).
  8. Pediatri (Department of Paediatrics).
  9. Patologi (Sir William Dunn Shool of Pathology).
  10. Farmakologi (Department of Pharmacology).
  11. Fisiologi, Anatomi & Genetika (Department of Physiology, Anatomy and Genetics).
  12. Kesehatan Penduduk (Nuffield Department of Population Health).
  13. Ilmu Kesehatan Perawatan Primer (Nuffield Department of Primary Care Health Sciences).
  14. Psikiatri (Department of Psychiatry).
  15. Ilmu Bedah (Nuffield Department of Surgical Sciemces).

Oxford Social Sciences (Divisi Ilmu Sosial)

  1. Antropologi (School of Anthropology and Museum Ethnography).
  2. Arkeologi (School of Archaelogy).
  3. Sekolah Bisnis.
  4. Ekonomi (Department of Economics).
  5. Pendidikan (Department of Education).
  6. Geografi dan Lingkungan (School of Geography and the Environment).
  7. Studi Global serta Area (School of Interdisciplinary Area Studies).
  8. Pemerintahan (Blavatnik School of Goverment).
  9. Pengembangan Internasional (Department of Internasional Development).
  10. Hukum (Faculty of Law).
  11. Politik dan Hubungan Internasional (Departement of Politics and International Relations).
  12. Kebijakan dan Intervensi Sosial (Department of Social Policy and Intervention).
  13. Sosiologi (Department of Sociology).

Biaya Kuliah di Oxford University

- Untuk Strata 1

Bicara soal biaya kuliah, Universitas Oxford sama halnya dengan kebanyakan universitas di Inggris.  Biaya kuliah di Oxford University juga dibedakan menjadi dua bagian, yaitu untuk pelajar asal UK dan berasal dari luar negeri. Untuk pelajar dari UK biaya kuliah di kisaran 9.000 pound sterling pada tahun ini atau sekitar Rp 153,11 juta (asumsi kurs Rp 17.013 per pound sterling) untuk tingkat sarjana strata satu.

Sementara siswa internasional akan membayar biaya kuliah antara 15,295 pound ($ 19,860) dan 22,515 pound ($ 29,230) per tahun atau kurang lebih antara 225 – 438 juta rupiah per tahun tergantung jurusan yang diambil.

- Untuk Master atau Pasca Sarjana

Sebagian besar program magister dan doktoral bervariasi tergantung pada subjek, dan ada beberapa pengecualian dengan biaya lebih tinggi. Berikut perkiraan biaya kuliah program Sarjana, Master dan Pasca Sarjana :

Tipe Inggris / UE Luar negeri

Kelas MA (Seni / Ilmu Sosial) £ 7,946 £ 15,097

Laboratorium MSc (Sains / Teknik) £ 8,860 £ 17,493

Penelitian MRes / MPhil £ 4,000 + £ 10,000 +

Bisnis MBA £ 18,624 £ 20,494

Selain biaya kuliah siswa internasional tersebut akan dikenakan biaya kuliah tambahan, yaitu antara kisaran £ 7,116 dan £ 9,500 (untuk sarjana).

Beasiswa Oxford University

Untuk yang berkeinginan kuliah di Oxford University tapi berhalangan karna uang kuliah, kamu tenang saja. Terdapat banyak sekali beasiswa Universitas Oxford yang dapat kamu daftar seperti beasiswa Chevening, Jardine Foundation, Reach Oxford Scholarship, dan Simon and June Li Scholarship.

Fasilitas Universitas Oxford

Universitas Oxford memiliki keunggulan pengajaran, penelitian dan pembelajaran yang luar biasa yang ditawarkan. Berikut fasilitas di Universitas Oxford yang sangat menonjol dan menjadi keunggulan dibandingkan kampus lain :

1. Pengajaran tutorial yang personal dan teratur oleh para ahli sesuai subjek masing – masing  dan merupakan bagian dari komunitas perguruan tinggi yang menyediakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung. Selain itu, siswa dan staf datang dari seluruh dunia dengan latar belakang dan minat yang luar biasa.

2. Layanan perpustakaan dan informasi yang lengkap, universitas Oxford memiliki lebih dari 100 perpustakaan, menjadikannya sistem perpustakaan universitas terbesar di Inggris. Bagi siswa yang akan menyelesaikan gelar mereka di Oxford tidak harus membeli satu buku pun.

Selama belajar di universitas oxford, siswa biasanya tidak diizinkan untuk bekerja dalam masa semester, meskipun ada peluang bagi siswa untuk bekerja selama beberapa waktu di perguruan tinggi, namun siswa harus mungkin memerlukan izin tutor mereka.

3. Layanan kesehatan, di setiap perguruan tinggi memiliki dokter perguruan tinggi, terkait dengan operasi dokter umum setempat, dan banyak perguruan tinggi memiliki perawat yang tersedia untuk siswa, yang menjadikan universitas salah satu yang terbaik. Universitas menerima aplikasi dari siswa penyandang cacat dan memiliki lebih dari 3,500 siswa terdaftar dengan cacat.

Cara masuk Universitas Oxford

Masuk ke Universitas Oxford cukup menantang dan butuh kemampuan untuk mampu berkompetisi dengan seluruh calon mahasiswa di seluruh dunia. Meskipun tidak mudah untuk masuk kesana, setiap orang juga memiliki peluang untuk bisa masuk ke Oxford.

Untuk bisa masuk universitas Oxford bisa dengan melalui jalur tes yang diadakan oleh universitas tersebut, melalui jalur beasiswa dan melalui jalur khusus  kerjasama diplomatik antar negara.

Ada sejumlah beasiswa Reach Oxford (sebelumnya Beasiswa Mahasiswa Oxford) yang ditawarkan kepada siswa dari negara berpenghasilan rendah yang karena alasan politik atau keuangan, atau karena fasilitas pendidikan yang sesuai tidak ada, tidak dapat belajar untuk mendapatkan gelar di negara mereka sendiri.

Syarat nilai juga harus memenuhi syarat untuk masuk Oxford dengan nilai semua excellence A untuk Syarat Strata 1, dan nilai IPK minimal 3.7 pada skala 4.0 dan lainnya minimal 3.5 untuk jenjang Master atau Doktoral.

Biaya hidup di Universitas Oxford

Terakhir, mari bahas biaya hidup di Universitas Oxford. Biaya hidup selama belajar di Universitas Oxford relatif cukup mahal, beberapa biaya yang cukup mahal diantaranya tempat tinggal yang mahal di beberapa daerah, harganya setara dengan London.

Kedekatannya dengan London, sekolah-sekolahnya ternama, dan dekat dengan universitas terbaik dunia, semuanya menambah biaya hidup di Oxford. Jadi perlu dipastikan bukan hanya biaya kuliahnya saja yang harus dipersiapkan namun juga biaya hidup di sana yang harus dipersiapkan. Dan itu dia biaya kuliah di oxford university.

Itulah seputar informasi mengenai Universitas Oxford. Semoga bermanfaat!

Tag : #oxford    #universitas    #pendidikan    #humanitis    #mathematical    #physical life science    #medical science    #social science   

Baca Juga