Oleh-oleh khas Siantar: selai srikaya, foto: malesmandi.com

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Kota Pematangsiantar yang Enak dan Legendaris

Wanovy | Travel | 11-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Liburan ke Sumatera Utara khsusnya ke Siantar tentu kurang lengkap jika tidak membeli oleh-oleh.

Beragam kuliner sangat cocok dibawa seperti yang terkenal dengan roti bantal (tawar) plus srikaya yang rasanya sudah tak diragukan lagi.

Pematangsiantar atau biasa disebut Siantar adalah kota terbesar kedua di Sumatra Utara. Kota ini selalu disinggahi bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Parapat, Danau Toba.

Jika datang ke Siantar, sudah jadi tradisi untuk membawa buah tangan atau oleh-oleh. Nah, bagi kamu yang pengin tahu, apa saja sih oleh-oleh khas Siantar yang bisa kamu bawa pulang dari Kota Siantar?

Berikut ini Parboaboa sudah siapkan rekomendasi oleh-oleh khas Siantar yang bisa kamu bawa pulang. Yuk, simak informasi selengkapnya!

1. Roti Ketawa

Roti Ketawa merupakan kuliner legendaris yang sudah ada sekitar tahun 80-an. Roti ini dinamakan oleh warga Roti Ketawa karena bentuknya yang pecah yang menyerupai bagaikan orang ketawa dan di bagian luarnya di taburkan wijen.

Di Kota Siantar, kamu dapat menjumpai roti Ketawa seperti di warung-warung kecil, ataupun di toko oleh-oleh khas Siantar.

Pada umumnya, roti Ketawa dijadikan oleh-oleh dan juga bekal makanan disaat berpergian jauh. Dikarenakan makanan yang satu ini sangat cocok jika berpergian jauh, karena ketahanan nya yang cukup terjamin dan tidak mudah rusak.

Perlu kamu ketahui juga harga Roti Ketawa sangat merakyat loh alias murah. Jadi tidak perlu panik jika kamu membeli makanan ini.

2. Roti Ganda

Bila datang ke Pematangsiantar, kamu bisa membeli Roti Ganda sebagai oleh-oleh. Roti ini sudah sangat terkenal akan kelezatannya.

Ada beragam topping yang bisa kamu pilih sebagai teman dari roti ini, mulai dari cokelat hingga selai rasa buah. Salah satu topping yang sangat terkenal dan bisa menjadi opsi pertimbangan adalah selai srikaya.

Roti Ganda memiliki bentuk sama seperti roti bantal yang memanjang. Ketika akan di-pack, roti ini akan dibelah di bagian tengah dan diisi topping sesuai dengan selera. Bedanya, roti ganda ini akan dipotong tetapi tidak sampai terputus.

3. Bika Ambon

Bika Ambon merupakan salah satu oleh-oleh khas Siantar yang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Makanan yang satu ini sangat menggoda loh.

Selain bentuknya yang cukup unik ditambah lagi warna nya yang menyerupai emas (warna kuning). Roti yang satu ini tergolong makan basah namun ketahanan nya cukup lama loh. Bisa bertahan 1-3 hari lamanya.

Rasanya juga cukup menggoda bikin lidah ketagihan, ditambah lagi harganya yang cukup terjangkau loh.

Jadi, jangan lupa coba membeli roti ini ya saat berkunjung ke daerah Sumatera Utara atau Kota Pematang Siantar.

4. Ting Ting

Kalau ini namanya ngga ada nyambungnya dengan bentuk dan rasa. Jadi makanan ini juga jenisnya bervariasi walaupun berbahan dasar yang sama.

Makanan ini dibuat dari kacang tanah yang ditumbuk sampai hampir halus lalu dicampur dengan gula cair (karamel) sampe teksturnya padat dan bisa dibentuk atau dipotong.

Untuk memperbanyak pilihan, sebagian ada yang ditaburin wijen. Ada yang digigit langsung gembur, ada juga yang keras dan renyah. Mungkin tergantung campuran dalam adonannya.

Dari berbagai macam jenis tersebut maka diberi nama yang berbeda pula. Ada ting ting, teng teng, pang pang, ping ping dan ak am.

Kamu bisa mendapatkan oleh-oleh khas Siantar satu ini di toko oleh-oleh seperti asli A1 di Jalan Merdeka dan toko Paten di Jalan Bandung, dll.

5. Kopi Siantar

Oleh-oleh Siantar berikutnya yang bisa dipilih adalah kopi Siantar.

Memang, kopi khas ini biasanya dinikmati langsung di kedai-kedai yang ada di sepanjang jalan Pematang Siantar.

Namun, tetap bisa kok dijadikan oleh-oleh jika membelinya dalam bentuk kemasan.

Kenikmatan minuman ini tidak hanya dari kopinya tapi efek setelah meminumnya yang tidak menimbulkan rasa asam, sehingga banyak disukai.

Di beberapa kedai dan kopi kemasan, banyak varian rasa untuk kopi Siantar, seperti kopi susu dan kopi hitam.

6. Selai Srikaya

Selai Serikaya bisa menjadi pilihan oleh-oleh khas Siantar lainnya. Banyak orang Pematang Siantar yang menyukai Selai Srikaya. Itulah sebabnya topping Selai Srikaya juga yang paling banyak dicari dan disukai dalam menu Roti Ganda.

Kamu bisa membeli Selai Srikaya dalam toples asli dari Pematangsiantar. Dijamin rasanya akan berbeda dari yang kamu beli di swalayan biasanya.

Nah, itulah sederet rekomendasi oleh-oleh khas Siantar yang bisa kamu bawa pulang jika kamu berkunjung ke Pematangsiantar. Jangan lupa beli buat keluarga dan kerabat ya!

Tag : #wisata siantar    #tempat wisata    #pematangsiantar    #oleh oleh siantar   

Baca Juga