Tampilan desain retractable camera Oppo

Oppo Pamer Desain Teknologi Retractable Kameranya

Wanovy | Teknologi | 08-12-2021

Oppo akan menggelar acara bernama Inno Day 2021 pada tanggal 14 Desember mendatang. Di kesempatan tersebut Oppo bakal mengumumkan deretan inovasi teknologi terbarunya dan kemungkinan juga smartphone baru mereka untuk tahun depan.

Bocoran teknologi ini juga sudah dipamerkan Oppo melalui akun Twitter resminya. Dalam sebuah video pendek yang diunggah, perusahaan memperlihatkan sedikit cara kerja dari inovasi terbaru tersebut.

Terlihat dalam video tersebut, Oppo memamerkan teknologi yang disebut sebagai retractable camera atau kamera yang bisa “masuk dan keluar” dari bagian dalam bodi smartphone. Penjelas tersebut sekilas mirip dengan model pop-up camera yang populer beberapa tahun lalu namun ternyata berbeda.

Apabila pop-up camera merupakan mekanisme kamera yang keluar dan masuk dengan cara naik atau turun di bagian atas kini retractable camera membuat lensa kamera di bagian belakang menonjol keluar saat aktif dan bakal menarik ke bagian dalam ketika tidak digunakan.

Desain retractable ini membuat kamera dapat timbul secara otomatis apabila pengguna menjalankan aplikasi kamera pada ponsel.

Dalam video demonstrasi, diperlihatkan bahwa kamera tersebut juga terkena cipratan air. Hal ini mengindikasikan bahwa kamera dengan desain retractable itu akan dilengkapi fitur ketahanan air.

Selain itu, video tersebut juga memperlihatkan kamera dapat terbenam secara otomatis apabila jatuh dari ketinggian. Desain kamera retractable ini mengusung konsep yang berbeda dengan pop-out camera yang dimiliki Oppo

Seperti diketahui, dahulu Oppo sempat menjadi trendsetter bagi sejumlah merek smartphone Android lain dalam menghadirkan fitur pop-up camera mulai dari model menonjol dari bagian atas bodi hingga mekanisme roll ke depan dan ke belakang yang berfungsi sebagai kamera belakang sekaligus depan.

Kendati demikian,Oppo belum mengungkapkan informasi lebih lanjut tentang modul kamera ini. Oppo hanya menuliskan informasi soal ukuran sensor 1/1,56 inci, panjang fokus 50mm, dan aperture f/2.4.

Ukuran sensor ini identik dengan sensor kamera utama IMX766 50MP dan kamera ultra-wide angle milik Find X3 Pro.

Namun, dijelaskan pula apakah kamera ini dapat melakukan zoom optik dengan mekanisme "keluar masuk" tersebut atau memiliki fungsi lain untuk menunjang fotografi.

Tag : #oppo    #oppo find x3 pro    #kamera oppo    #retractable camera   

Baca Juga