Oppo Reno 10 Series Bisa Jadi Remot TV dan AC

Oppo Reno 10 Series, (Foto: gizchina.com)

PARBOABOA - Reno10 Series 5G merupakan seri smartphone Oppo pertama yang mendukung remote control inframerah melalui fitur bernama IR Blaster, untuk mengendalikan perangkat elektronik.

Beberapa perangkat elektronik yang bisa dikenadalikan melalui fitur ini antara lain TV, AC, DVD player, proyektor, kipas angin, kamera, dan lain sebagainya.

IR dalam hal ini adalah inframerah, sensor pada smartphone dan gadget lainnya yang memungkinkan pengguna mengubah ponsel menjadi remote control untuk perangkat elektronik.

Dengan begitu, aneka perangkat elektronik tersebut bisa dikontrol dengan mudah dari HP Oppo Reno 10, tanpa harus menggunakan remot kontrol bawaannya.

Lantas, bagaimana cara membuat Oppo Reno 10 menjadi remot kontrol berbagai perangkat elektronik di rumah seperti TV dan AC?

Cara bikin Oppo Reno 10 jadi remot TV dan AC

  1. Pertama-tama, cari dan buka aplikasi "IR Remote".
  2. Lalu, klik ikon "+" yang terletak di pojok kanan bawah aplikasi. 
  3. Kemudian, pilih jenis barang elektronik apa yang ingin dikendalikan, misalnya TV. 
  4. Selanjutnya, pilih merek perangkat elektronik yang ingin dikendalikan, misalnya Oppo. 
  5. Setelah itu, pengguna akan dibimbing dengan berbagai perintah di dalam layar.
  6. Ikuti perintah-perintah tersebut supaya Oppo Reno 10 bisa membaca fungsi remot kontrol dari barang elektronik yang ingin dikendalikan.
  7. Jika sudah, lakukan tes fungsi tombol remot kontrol yang tampil di layar.
  8. Jika layar menampilkan tombol fungsi daya, misalnya, perhatikan apakah barang elektronik yang ingin dikendalikan mati atau tidak setelah kita menekan tombol tersebut. 
  9. Apabila semuanya sudah berfungsi dengan normal, klik tombol "Save" untuk menyimpan fungsi remot kontrol perangkat elektronik yang sudah diatur.
  10. Nah, jika fungsi remot kontrol untuk TV, AC, dan aneka barang elektronik lainnya sudah diatur, pengguna hanya perlu membuka aplikasi IR Remote dan mengeklik barang elektronik miliknya yang sudah disimpan oleh aplikasi ini.

Perlu dicatat, pastikan sensor infra merah yang tersemat di ponsel Oppo Reno 10 pengguna diarahkan tepat ke penerima sensor infra merah yang ada di barang elektronik yang hendak dikendalikan.

Dari segi spesifikasinya, Oppo Reno 10 Series juga menampilkan bentuk badan ponsel dengan lengkung 3D, agar lebih nyaman dan lebih mudah digenggam. Layar Lengkung 3D 120Hz juga dihadirkan dengan bezel yang sangat tipis.

Untuk opsi warna hadir varian Silvery Grey pada ketiga model, Glossy Purple pada Reno 10 Pro+ 5G dan Reno10 Pro 5G, serta Ice Blue pada Reno10 5G.

Oppo Reno 10 5G hadir dengan berat 185 gram dan ketebalan hanya di 7.99 mm. Layarnya berukuran 6,7 inci FHD+ dengan resolusi 2412×1080.

Refresh rate maksimal dari perangkat ini adalah di 120Hz dengan touch sampling rate maksimal di 240Hz, serta kecerahan maksimal standar 500 nits dan kecerahan maksimal di bawah sinar matahari 800 nits. Panel layarnya menggunakan AMOLED 3D dengan kaca pelindung AGC DT-Star2.

Di sektor kamera, Oppo Reno 10 mengusung kamera utama 64MP f/1.7m, telefoto 32MP f/2.0, serta ultra wide angle 8MP f/2.2.

Perangkat ini juga mendukung 2x hybrid optical zoom dan 20x digital zoom. Sementara di bagian depannya atau untuk selfie, diserahkan ke kamera 32MP f/2.4.

Chipset Reno 10 5G menggunakan Dimensity 7050. Sementara baterainya berkapasitas 5000 mAh, yang sudah mendukung pengisian daya cepat SuperVOOC 67W.

Oppo Reno10 5G juga telah mendukung 5G, NFC, sidik jari di layar, pengenalan wajah, sensor inframerah, dengan sistem operasi yang dipakai adalah ColorOS 13.1. Oppo Reno10 5G dijual dengan harga Rp 5.999.000 untuk kapasitas RAM 8GB/ROM 256GB.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS