Ilustrasi

Panduan Transportasi untuk Kamu yang Liburan ke Nias

Wanovy | Travel | 13-01-2022

PARBOABOA, Nias - Nias merupakan salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Indonesia. Di pulau kecil yang bersebelahan dengan pulau Sumatera ini, kamu bisa menemukan berbagai jenis objek wisata yang menarik di Nias.

Wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara juga seringkali menghabiskan waktu di Nias dengan berselancar. Ini karena Nias masuk dalam peringkat 10 besar tempat berselancar, bahkan bisa dibilang sebagai yang kedua terbaik setelah Hawaii.

Meskipun daerahnya masih tergolong sederhana, ternyata semuanya itu tidak bisa menghentikan langkah mereka untuk tetap berkunjung. Untuk mengunjungi lokasi-lokasi tertentu di Pulau Nias, seorang wisatawan tentunya membutuhkan transportasi untuk bisa sampai ke suatu tujuan.

Bagi kamu yang belum pernah mengunjungi Pulau Nias, tidak perlu merasa khawatir untuk mendapatkan jasa masyarakat lokal khususnya dalam hal jasa transportasi darat.

Berikut ini transportasi yang bisa kamu gunakan untuk bepergian ke tempat-tempat wisata atau penginapan di Nias.

1. Menyewa mobil dan jasa pengemudi

Jika kamu ingin menyewa mobil dengan pengemudinya dalam waktu sehari, umumnya mereka akan mengenakan tarif sesuai dengan jarak atau medan tujuan.

Akan tetapi, pada hari-hari biasa mereka biasanya akan mengenakan tarif penyewaan mobil Rp. 700.000-750.000 sehari di mana makan supir ditanggung oleh penyewa jasa.

Jenis mobil dengan tarif diatas berlaku untuk mobil jenis Avanza (G atau Veloz) maupun Xenia. Jika Innova mungkin Rp.100.000 lebih mahal daripada jenis Avanza/Xenia.

Jika kamu ingin menyewa lebih dari satu hari dan wajib menginap di suatu lokasi, maka mereka biasanya membebankan kepada penyewa tentang makanan dan penginapan mereka selain sewa mobilnya.

2. Menyewa mobil tanpa jasa pengemudi (lepas kunci)

Layanan ini biasanya hanya mereka berlakukan untuk orang-orang yang sudah mereka percayai dan memenuhi beberapa persyaratan mengemudi kendaraan bermotor.

Beberapa syarat yang mereka berlakukan adalah penyewa memiliki KTP aktif, SIM A, dan bertanggungjawab. Untuk wisatawan mancanegara, mereka wajib memiliki Lisensi Mengemudi Internasional (International Driving License).

3. Menyewa Sepeda Motor

Di Nias sendiri, layanan transportasi sebenarnya tidak terlalu beragam, kamu hanya akan dapat menemukan angkot, ojek, dan juga travel.

Namun apabila ingin puas berkeliling pada sebuah kota, kamu sebaiknya menyewa sebuah sepeda motor. Harga sewa sepeda motor untuk satu hari biasanya sekitar Rp 150 ribu.

Itulah beberapa transportasi yang bisa kamu gunakan jika ingin meng-explore Nias. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata nias    #nias    #tempat wisata    #transportasi   

Baca Juga