Ketum NasDem Surya Paloh umumkan tiga nama bakal Capres 2024 yang akan diusung oleh partai Nasdem (Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com)

Partai Nasdem Umumkan 3 Nama Calon Presiden 2024, Ada Jenderal Andika Perkasa

Wulan | Nasional | 18-06-2022

PARBOABOA, Jakarta - Hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasdem memutuskan mengusung tiga nama calon presiden (Capres) untuk pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Adapun ketiga figur tersebut yakni, Anies Rasyid Baswedan, Andika Perkasa, serta Ganjar Pranowo.

"Maka saya akan bacakan penetapan rekomendasi nama-nama bakal calon presiden RI pada pemilu 2024. Pertama, Anies Rasyid Baswedan. Kedua, Muhammad Andika Perkasa. Ketiga, Ganjar Pranowo," kata Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh di Rakernas Nasdem, JCC Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Paloh mengatakan, ketiga nama yang diusung tersebut merupakan hasil rapat pleno atas usulan dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) yang disampaikan dalam rapat kerja nasional (Rakernas).

Ia juga menegaskan ketiga nama yang diusung oleh DPP tersebut nantinya akan ditentukan hanya menjadi satu untuk calon presiden yang diusung oleh Nasdem.

"Seandainya kursi presiden itu ada 3, ketua umum tidak perlu berpikir lagi. Insha Allah akan kita tetapkan satu, waktu dan tempatnya kita cari hari baik dan bulan baik," kata Surya Paloh.

Diketahui sebelumnya, sebanyak 34 petinggi Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem memberikan usulan atau rekomendasi nama sosok untuk menjadi bakal Capres yang akan diusung Partai NasDem pada Pilpres 2024 mendatang.

Adapun usulan itu diserahkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem untuk nantinya ditentukan tiga nama oleh DPP.

Berdasarkan rapat pleno yang dilakukan masing-masing DPW beberapa nama figur muncul.

Di mana dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) partai NasDem yang digelar pada Kamis (16/6/2022) ini, nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah dominan diusulkan DPW Partai NasDem.

Jika ditotal ada 32 DPW Nasdem yang menjagokan orang nomor satu di DKI Jakarta itu untuk maju sebagai Presiden.

Disusul nama Ganjar Pranowo dengan total 29 DPW NasDem yang mengusulkan nama politisi PDIP tersebut. Selanjutnya ada nama Menteri BUMN Erick Thohir yang diusung oleh 16 DPW NasDem.

Selain itu, ada juga beberapa nama dari dalam kader NasDem yang diusulkan oleh DPW. Mereka adalah Rachmad Gobel diusulkan dari 14 DPW NasDem; Ketua Umum Partai Surya Paloh; Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo serta Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni.

Tag : #nasdem    #pilpres 2024    #nasional    #suya paloh    #anies baswedan    #andika perkasa    #ganjar pranowo    #jcc senayan    #capres 2024   

Baca Juga