5 Jenis Paus dengan Tubuh Terkecil di Dunia, Sekecil Apa?

Penulis : Wulan | Hiburan | 16-11-2022

Salah satu paus terkecil di dunia, Dwarf Sperm Whale (Foto: naturerules1.fandom.com)

PARBOABOA – Paus merupakan hewan mamalia yang termasuk ke dalam kategori Cetacea seperti lumba-lumba. Untuk membedakan jenisnya, mereka biasanya diklasifikasikan menjadi dua kelompok besar, yaitu paus bergigi (Odontoceti) dan paus balin (Mysticeti) atau tak bergigi.

Secara umum, ciri khas dari keluarga paus ada pada ukurannya yang sangat besar, mulai dari belasan hingga puluhan meter dan bobot yang mencapai ratusan ton. Bahkan salah satu paus yang masuk ke dalam kelompok pasu balin yakni paus Biru dinobatkan sebagai hewan terbesar yang pernah ada di Bumi.

Namun, tahukah kamu jika ternyata ada keluarga paus yang memiliki ukuran relatif kecil? Mereka memiliki beberapa keunikan sendiri. Bahkan, ada pula yang bisa kita saksikan di dalam kebun binatang, lho.

Penasaran? Berikut ini lima jenis paus dengan tubuh terkecil di dunia. Langsung scroll, ya!

5. Paus Minke

Paus Minke (Balaenoptera acutorostrata) merupakan kelompok paus balin. Mereka tersebar di hampir seluruh lautan di Bumi, namun lebih sering dijumpai di laut dengan suhu lebih dingin seperti di Atlantik Utara dan Antartika.

Biasanya, hewan ini mudah dikenali dengan warna gelap yang mereka miliki, seperti hitam, abu-abu, atau cokelat tua di bagian atas dan warna terang di area perut. Selain itu, mocongnya yang panjang berbentuk runcing dengan mulut yang lurus. Uniknya, paus Minke ini memiliki dua lubang pernapasan yang berbeda.

Dilansir Whale and Dolphin Conservation, paus minke merupakan kelompok paus balin terkecil kedua di dunia. Jika meraka sudah beranjak dewasa, pejantan hanya memiliki panjang 9,8 meter dan betina sekitar 10,7 meter. Akan tetapi, untuk urusan bobot, sebenarnya paus ini masih cukup besar lantaran mereka masih bisa tumbuh hingga 9,2 ton!

4. Pygmy Right Whale

Pygmy Right Whale (Caperea marginata) juga menjadi paus terkecil di dunia yang masuk ke dalam kelompok paus balin. Mereka tersebar di bagian selatan Bumi dengan air yang cukup dingin mulai dari Antartika, Pasifik Selatan, serta Atlantik Selatan.

Adapun karakteristik paling menonjol dari Pygmy Right Whale adalah warna yang biru tua atau abu-abu di bagian atas dan warna terang pada bagian perut. Selain itu, mereka juga cukup berbeda dari jenis Right Whale lainnya. Sebab, mereka memiliki sebuah sirip kecil di bagian belakang punggung serta adanya dua alur tenggorokan di mulutnya.

Animal Diversity melansir, mereka biasanya hanya mampu mencapai panjang 5 sampai 6 meter dengan bobot rata-rata berkisar di angka 4,5 ton.

3. Paus Beluga

Paus beluga (Delphinapterus leucas) adalah salah satu jenis paus yang paling sering kita lihat. Hewan yang satu ini masuk ke dalam kategori paus bergigi dan dapat ditemukan di Arktik, tapi juga bisa bermigrasi ke arah selatan. Selain itu, mereka juga pernah terlihat muncul di muara sungai.

Ciri paling khas dari paus beluga tentu saja warna kulitnya yang putih bersih. Mereka juga punya dahi bulat yang sering disebut "melon". Dahi itu sangat fleksibel sehingga dapat berubah-ubah bentuknya. Inilah rahasia di balik ekspresi-ekspresi lucu yang diperlihatkan paus beluga. Mereka juga sering disebut sebagai "burung kenari lautan" karena sangat berisik dan dapat menciptakan suara seperti kicauan, siulan, hingga jeritan.

Menurut keterangan dari World Wildlife Fund (WWF), paus beluga memiliki ukuran rata-rata 2,5 sampai 6,7 meter saja. Sedangkan untuk bobotnya berkisar dari 600 sampai 1.500 kilogram. Ukuran ini kemudian membuat mereka sebagai salah satu paus bergigi dengan ukuran terkecil di dunia.

2. Pygmy Sperm Whale

Pygmy Sperm Whale (Kogia breviceps) merupakan kelompok paus bergigi dan juga berkerabat dengan paus sperma. Mereka tersebar di sekitar perairan yang hangat yang dalam, tepatnya di sekitar bagian tropis dari Samudra Pasifik, Atlantik, dan Hindia.

Untuk ciri fisiknya, pygmy sperm whale dapat dikenali dengan kepalanya yang cenderung mengotak dan rahang kecil yang memiliki sembilan sampai 16 pasang gigi. Mereka tampil dengan warna abu-abu hingga biru keabuan di sisi punggung. Warna tersebut kemudian akan semakin memudar menjadi warna putih hingga bagian perut.

Dilansir Whale and Dolphin Conservation, Pygmy Sperm Whale menempati urutan kedua sebagai paus dengan ukuran terkecil di dunia. Mereka hanya tumbuh hingga panjang 3,8 meter dan bobot maksimum berkisar pada angka 450 kilogram saja.

1. Dwarf sperm whale

Dwarf sperm whale (Kogia sima) sekilas mirip seperti pygmy sperm whale. Akan tetapi, mereka ternyata merupakan subspesies berbeda kendati sama-sama masuk ke dalam keluarga paus sperma. Paus yang satu ini juga dapat dijumpai di perairan hangat mulai dari Samudra Pasifik, Hindia, hingga Atlantik.

Secara penampilan, mereka juga cukup berbeda dari pygmy sperm whale. Kepalanya cenderung lebih mengerucut sehingga nampak lebih runcing. Selain itu, dwarf sperm whale juga memiliki sirip punggung yang lebih panjang dan runcing ketimbang saudaranya.

Warnanya cukup bervariasi. Mereka bisa berwarna biru tua hingga cokelat zaitun yang dipadukan dengan warna merah muda pucat di bagian perutnya.

Dilansir Whale and Dolphin Conservation, dwarf sperm whale merupakan jenis paus paling kecil di dunia. Panjang tubuh dari paus ini tak lebih dari 2,8 meter saja. Sedangkan bobotnya juga tidak lebih dari 272 kilogram.

Setelah melihat daftar paus terkecil ini, ternyata kelompok paus tidak selamanya menjadi jenis hewan dengan ukuran raksasa. Jenis terkecilnya saja bahkan tidak terlalu jauh berbeda dengan tubuh manusia. Nah, dari daftar ini kira-kira paus jenis apa yang membuatmu terkagum-kagum?

Editor : -

Tag : #terkecil    #paus    #hiburan    #paus terkecil di dunia    #paus minke    #pygmy right whale    #paus beluga    #hewan    #pygmy sperm whale   

Baca Juga