Tangkapan layar sejumlah pemuda melakukan long march membawa bendera bintang kejora di Kota Jayapura sebelum diamankan oleh kepolisian.

Lagi, 8 Pemuda pengibar Bendera Bintang Kejora ditangkap di Jayapura

Maraden | Hukum | 02-12-2021

PARBOABOA, Jayapura – Polda Papua mengamankan sebanyak 8 pemuda karena melakukan pengibaran bendera Bintang Kejora di halaman GOR Cendrawasih, Jayapura, yang lokasinya tepat berada di samping Markas Polda Papua pada Selasa, 1 Desember 2021.

Pengibaran bintang kejora itu diduga sebagai perayaan ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM) yakni 1 Desember.

Para pelaku pengibaran bendera ini berinisial MSY, YM, MY, MK, BM, FK, MP, dan MW. Beberapa di antara mereka masih berstatus sebagai mahasiswa. Mereka kemudian menjalani pemeriksaan secara intensif di Polda Papua.

Dari delapan orang yang ditangkap, sebanyak tujuh pemuda itu bertugas mengibarkan bendera dan berjalan ke arah Polda Papua sembari membawa spanduk bercorak bintang kejora. Sementara satu orang lainnya mendokumentasikan kegiatan tersebut untuk disebarkan lewat internet.

"Mereka melakukan pengibaran Bintang Kejora, lalu melintas depan Mapolda sambil berorasi Papua Merdeka," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Mustofa Kamal dalam keterangan tertulis yang dikutip, Kamis (2/12/2021).

Kasus pengibaran bendera ini, kata Kamal, berawal saat para pelaku menggelar pertemuan Daerah Padang Bulan Abepura yang dipimpin oleh pria berinisial N yang masih diburu keberadaannya, pada 30 November.

Dalam pertemuan itu, aksi pengibaran bendera Bintang Kejora diperuntukan memperingati HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang mereka klaim jatuh pada 1 Desember.

Aksi pengibaran bendera Bintang Kejora itu kemudian benar-benar dilakukan pada Rabu, 1 Desember 2021 siang. Akibatnya para pemuda pelaku pengibaran bendera itu pun langsung diamankan. Sementara, bendera bintang kejora yang sebelumnya terbentang di halaman GOR Cendrawasih itupun langsung diturunkan.

"Dalam rapat tersebut saudara N memerintahkan untuk melakukan Upacara mengibarkan Bendera Bintang Kejora di lokasi yang bertempat di Halaman GOR Cenderawasih. Mereka kemudian melanjutkan kegiatan dengan aksi Long Mars ke arah pelabuhan Jayapura," ungkap Kamal.

Bahkan, kata Kamal, mereka menyampaikan orasi Papua Merdeka sembari membawa spanduk bercorak bintang kejora saat melintas di depan kantor Polda Papua.

Kamal mengakui ada sejumlah peristiwa pengibaran bendera bintang kejora di beberapa titik lain di wilayah hukum Polda Papua selain Jayapura, diantaranya Kiwirok (Pegunungan Bintang), Intan Jaya, dan Yapen.

Namun demikian, Kamal memastikan situasi keamanan di Papua sampai saat ini tetap aman dan kondusif tanpa adanya aksi yang berdampak signifikan.

Tag : #bintang kejora    #papua    #organisasi papua merdeka    #jayapura    #polda papua   

Baca Juga