parboaboa

Pencarian Kapal Selam Wisata Titanic Masuki Fase Kritis

Maesa | Internasional | 23-06-2023

Kapal selam Titan dari OceanGate Expedition dikabarkan hilang sejak Minggu, 18 Juni 2023 di Samudra Atlantik Utara. (Foto: REUTERS)

PARBOABOA, Jakarta – Pencarian kapal selam wisata Titanic memasuki fase kritis karena berdasarkan estimasi, cadangan oksigen akan habis pada Kamis, 22 Juni 2023 petang.

Menurut keterangan dari Penjaga Pantai AS, saat ini area pencarian telah diperluas hingga 2 kali lipat yakni, sekitar 35.260 kilometer persegi. Cakupan ini hampir seluas Provinsi Jawa Barat.

Para anggota dari tim penyelamatan mengaku masih merasa optimis dan penuh harapan untuk menemukan kapal selam Titanic karena telah dikerahkannya 10 kapal tambahan dan beberapa kapal selam jarak jauh dalam misi pencarian.

Sementara itu, Kapten Penjaga Pantai sekaligus pemimpin misi pencarian, Jamies Frederick mengatakan bahwa sebenarnya ia tak mengetahui para korban berada di mana.

Terdengar Suara Tumbukan

Dilansir dari media AS, Tim penyelamat mendeteksi adanya suara tumbukan di bawah air di Atlantik Utara saat pencarian dilakukan menggunakan sonar.

Sementara itu, menurut majalah Rolling Stone, pesawat P-8 Kanada yang ikut dalam pencarian pun disebutkan mendengar suara tumbukan dari area itu setiap 30 menit.

Lalu, 4 jam setelahnya, sebuah sonar tambahan pun dikerahkan dan suara tumbukan ini masih terdengar.

Pencarian kemudian disesuaikan mengikuti suara tumbukan tersebut.

Kemungkinan Terburuk

Pemimpin ekspedisi Titanic, G. Michael Harris sebelumnya telah meminta keluarga dari kelima korban penumpang kapal yang bernama Titan itu untuk bersiap menghadapi kemungkinan terburuk.

Adapun, kemungkinan terburuk yang dimaksud G. Michael Harris adalah meledaknya lambung kapal di kedalaman 3.200 meter atau 10.500 kaki di bawah laut.

Editor: Maesa

Tag: #kapal selam titanic    #atlantik utara    #internasional    #wisata bangkai titanic   

BACA JUGA

BERITA TERBARU