Kemenag buka seleksi beasiswa AMCI 2022 (Dok: eventhunterindonesia.com)

Kemenag: Pendaftaran Beasiswa AMCI ke Maroko Dibuka Hingga 17 Juni 2022

Dimas | Pendidikan | 14-06-2022

PARBOABOA, Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) kembali membuka program beasiswa kepada calon mahasiswa yang memiliki keinginan kuliah di Maroko. Beasiswa ini merupakan bentuk kerja sama antara Moroccan Agency for International Cooperation (AMCI) melalui Kedutaan Maroko dengan Kemenag.

“Pendaftaran peserta program seleksi calon mahasiswa Maroko dibuka dari 13-17 Juni 2022,” kata Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Suyitno, dilansir dari laman kemenag.go.id, Senin, 13 Juni 2022.

Suyitno menjelaskan, program yang satu ini bakal menyaring para lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Pendidikan Diniyah Formal Ulya/Satuan Pendidikan dan sederajat (Paket C) yang memiliki keinginan kuat untuk melanjutkan studi di Maroko.

Ia pun mengatakan, kuota beasiswa yang diberikan AMCI untuk tahun ini juga lumayan banyak.

“Tahun ini, Kementerian Agama mendapat kuota beasiswa sebanyak 30 orang, sehingga dibuka seleksi,” ucap Suyitno.

Informasi Beasiswa AMCI 2022

1. Persyaratan Beasiswa

a. Pendaftaran hanya bisa dilakukan oleh lulusan tahun 2021 dan 2022;

b. Melakukan pendaftaran melalui website http//diktis.kemenag.go.id, memilih

lokasi seleksi ujian dan mengunggah dokumen yang diperlukan sebagaimana

berikut:

Ijazah dan transkrip nilai untuk lulusan 2021;

- Surat keterangan lulus bagi lulusan tahun 2022;

- Pas foto berwarna ukuran 3x4 (tanpa cadar bagi perempuan) ;

c. Peserta menggunakan email sendiri yang aktif ketika melakukan pendaftaran. Satu email hanya bisa dipakai untuk satu peserta;

d. Peserta memilih perguruan tinggi lokasi seleksi;

e. Pemilihan lokasi seleksi hanya untuk memudahkan koordinasi seluruh

penyelenggaraan seleksi di berbagai wilayah di Indonesia;

f. Membayar uang pendaftaran apabila dinyatakan lolos verifikasi berkas.

2. Jadwal Pendaftaran

  • Pendaftaran peserta program seleksi calon mahasiswa ke Timur Tengah
  • (beasiswa maroko) dari tanggal 13 - 17 Juni 2022;
  • Peserta lolos verifikasi dokumen dan mekanisme pembayaran akan diumumkan pada tanggal 20 Juni 2022 melalui website http//diktis.kemenag.go.id;
  • Pembayaran dilakukan paling lambat tanggal 22 Juni 2022 pukul 23.59 WIB. Bagi yang sudah membayar tetapi tidak mengikuti tahapan tes sesuai dengan yang telah ditentukan, maka biaya pendaftaran tidak dapat ditarik kembali;
  • Daftar nama peserta tes akan diumumkan pada tanggal 24 Juni 2022 di website http//diktis.kemenag.go.id dan akan dilanjutkan dengan simulasi pelaksanaan CBT online di hari dan tanggal yang sama pada pukul 13.30 – 16.00 WIB.
  • Peserta yang lolos seleksi akan diumumkan oleh Kementerian Agama RI tanggal 30 Juni 2022 melalui website: www.diktis.kemenag.go.id.

3. Biaya Seleksi

  • Peserta yang lolos seleksi adminitrasi dan terverifikasi dikenakan biaya sebesar RP 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah);
  • Pembayaran dilakukan melalui nomor rekening UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yangakan diberikan saat pengumumam peserta yang lolos verifikasi dokumen tanggal 20 Juni 2022.

Demikianlah seputar informasi mengenai beasiswa AMCI 2022. Jika Anda tertarik dengan beasiswa ini, silahkan lengkapi berbagai persyaratan yang telah dijelaskan di atas.

Tag : #kemenag    #beasiswa amci 2022    #pendidikan    #mahasiswa    #maroko   

Baca Juga