anjing suka melolong dipercaya karena melihat hantu

Anjing Melolong karena Melihat Hantu, Mitos atau Fakta?

rini | Hiburan | 11-11-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Masyarakat Indonesia banyak yang percaya bahwa anjing melolong itu disebabkan anjing melihat hantu di sekitarnya. Namun ternyata hal itu adalah mitos dan tidak ada hubungannya dengan hantu.

Berikut alasan mengapa anjing suka melolong menurut penelitian:

1. Melolong sebagai bentuk komunikasi

Anjing yang merupakan saudara jauh serigala, sehingga menjadikannya mirip dengan perilaku serigala yang suka melolong. Dia alam liar serigala biasanya melolong untuk berkomunikasi dengan kawanannya. Anjing mewarisi perilaku dari serigala sehingga mereka gemar melolong untuk berkomunikasi dengan anjing lainnya.

2. Kehadiran anjing lain

Perilaku teritorial adalah karakteristik lain yang diwarisi anjing dari serigala. Seperti serigala, anjing hidup berkelompok dan mempertahankan perbatasannya. Ketika mereka mengamati atau mencurigai seekor anjing dari kawanan lain yang melanggar batas, maka memicu lolongan untuk memperingatkan anjing itu dan memberitahu anggota kelompok anjing sendiri.

3. Kemampuan penciuman anjing

Anjing mempunyai indera penciuman dan pendengaran yang baik. Jadi dari jarak yang jauh mereka bisa menyadari kehadiran seseorang atau hewan lain dari jarak yang jauh. Hal ini yang menyebabkan anjing bisa lebih dulu menyadari kejadiran seseorang dan menggonggongi suara yang tidak bisa didengar manusia.

4. Merasa Gelisah akan Perpisahan

Secara alami anjing adalah hewan kawanan, dan mereka akan cemas akan perpisahan. Ketika mereka merasa terpisah dari kelompok, atau ketika ada anggota dari kelompok mereka yang hilang, maka akan memicu lolongan untuk memberi tahu lokasinya.

5. Sedang sakit atau terluka

Alasan lain mengapa anjing melolong tidak semuanya menyenangkan dan positif. Dalam beberapa kasus, ini adalah cara bagaimana mengomunikasikan rasa sakit yang serius. Rasa sakit ini dapat disebabkan oleh beberapa alasan, seperti cedera, luka, atau bahkan gangguan pencernaan. Bentuk ekspresi anjing ini sangat mirip dengan ketika manusia mengerang atau merintih ketika merasa sangat sakit.

Jadi anjing melolong bukan berarti karena melihat makhlus halus, kemungkinan anjing tersebut melolong karena merasakan salah satu dari beberapa hal di atas.

Tag : #mitos    #anjing melolong    #penyebab anjing melolong    #hiburan   

Baca Juga