Lulusan jurusan Sitem informasi menjanjikan banyak bidang pekerjaan di dunia keja saat ini.

Prospek Profesi dan Gaji Lulusan Sistem Informasi

Maraden | Pendidikan | 09-10-2021

PARBOABOA – Memilih jurusan dan perguruan tinggi yang tepat adalah hal yang penting bagi calon mahsiswa untuk bisa memiliki masa depan yang baik dan cemerlang. Semua mahsiswa tentu saja pada akhir tujuannya adalah memiliki pekerjaan mapan dengan gaji sebesar mungkin. Jurusan sistem informasi (SI) mungkin menjadi pilihan yang tepat di dunia kerja sat ini. Jurusan tersebut menjanjikan prospek karier serta gaji yang besar bagi para lulusannya.

SI terbilang fleksibel, lantaran merupakan bidang ilmu yang menggabungkan antara ilmu komputer dengan bisnis serta manajemen. Para lulusan SI juga bisa langsung turun ke dunia kerja, hal ini karena saat ini banyak perusahaan membutuhkan skill dan keterampilan dalam bidang SI.

Untuk urusan gaji yang diterima para lulusan SI juga sangat menjanjikan. Melansir situs Jobskarir.id, gaji awal lulusan SI berada pada kisaran Rp 5 juta dengan posisi sebagai staf bidang teknologi informasi di suatu perusahaan.

Akan tetapi pada kenyataannya, nominal gaji tersebut akan bergantung pada sitem kerja serta kemampuan yang dimiliki. Semakin langka skill dan kemampuan yang dimiliki seseorang, semakin tinggi pula gaji yang akan didapatkan.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah prospek karier dan potensi pendapatan bagi lulusan SI.

1. Business analyst, merupakan pekerjaan yang bertugas menjembatani manajemen dengan pemegang saham serta tim IT dengan user. Rata-rata gaji yang diterima para business analyst sekitar Rp 10 juta per bulan.

2. Web developer, ialah seseorang diharuskan untuk menciptakan program aplikasi atau website. Gaji rata-rata yang mereka terima mencapai Rp 6 juta per bulannya.

3. Project manager, adalah posisi sentral yang menggerakan seluruh anggota tim pada suatu proyek. Posisi seorang project manager sangat menentukan keberlangsungan hidup perusahaan. Seorang project manager rata-rata bergaji Rp 5 juta setiap bulan.

4. System developer, Ialah orang yang memiliki peran yang penting untuk mengatur sistem, tingkat keamanan, hingga user interface (UI) dan user experience (UX) aplikasi. Gaji yang ditawarkan kepda mereka tak tanggung-tanggung, yakni diatas Rp.15 juta perbulannya.

5. IT manager, adalah otang yang harus memiliki skill, baik untuk mengatur, mengkoordinasikan, serta menyusun segala aktivitas yang berkaitan dengan SI. Kompleksnya pekerjaan mereka segaris lurus dengan penhsilan yang mereka dapatkan yakni diatar Rp 20 juta setiap bulannya.

6. Database administrator, merupakan orang yang mengelola serta merapikan data perusahaan. Data tersebut adalah arsi digital yang sangat penting. Diperkirakan rata-rata gaji untuk pekerjaan ini adalah Rp 5 juta hingga Rp 15 juta per bulan.

7. System analyst, adalah profesi yang mengelola dan membuat spesifikasi yang digunakan oleh programmer. Mereka juga harus  mengidentifikasi apa saja kebutuhan user agar sistem yang dikembangkan bisa menfapatkan goal yang sesuai. Rata-rata gaji para system analyst adalah Rp 4 sampai 7 juta per bulan.

8. IT consultant, ialah orang berperan sebagai konsultan pada umumnya, bedanya, profesi ini menekankan konsultasi yang berhubungan dengan IT. Gaji yang diterima profesi ini adalah Rp 5 juta per bulan.

9. System engineer, memiliki tugas untuk mendesain dan mengatur sistem yang kompleks. Pekerjaan ini menggabungkan rekayasa manajemen dengan rekayasa kompleks. Rata-rata gaji yang diterima system engineer di Indonesia adalah Rp 12 setiap bulannya.

10. Information system manager, yang lebih dikenal dengan nama IS manager ini berkaitan dengan perencanaan, instalasi, maintenance, termasuk menangani upgrade pada hardware dan software. Mereka menerima gaji sekitar Rp 8,5 juta per bulan.

11. Network security, merupakan salah satu dari enam jenis pekerjaan di bidang cyber security dengan bayaran paling tinggi. Gaji rata-rata yang merreka terima berkisar antara Rp 10 juta hingga Rp 15 juta setiap bulannya.

12. Programmer, ialah profesi yang bertugas menciptakan suatu program. Meskipun lulusan SI lebih fokus pada sistem informasi, namun tetap juga banyak yang memiliki kemampuan merekayasa perangkat lunak dan bisa juga bekerja sebagai programmer. Seorang programmer dibayar berdasarkan tingkat kemampuan mereka. Nilainya bisa 5 juta hingga tak terbatas.

Tag : #pendidikan    #sistem informasi    #lulusan perguruan tinggi    #karir lulusan si   

Baca Juga