Ketua DPP PDIP Bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar

Puan Beberkan Kriteria Cawapres yang akan Mendampinginya jika Maju Pilpres 2024

Apri Siagian | Politik | 25-09-2022

Parboaboa, Jakarta – Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP-PDIP) Puan Maharani mengungkapkan kriteria calon wakil presiden (cawapres) pendamping dirinya jika ditunjuk sebagai calon presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Adapun kriteria utama menurut Ketua DPR RI itu adalah sosok pendampingnya harus cocok dan memiliki kesamaan cita-cita. Sebab dia tidak menginginkan apabila dirinya tiba-tiba tidak sejalan dengan cawapresnya ditengah jalan.

Kriteria itu disampaikan Puan di hadapan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar usai berziarah bersama ke makam almarhum Taufiq Kiemas di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (25/9/2022). Taufiq merupakan ayahanda dari Puan yang meninggal dunia di usia 70 tahun pada 8 juni 2013 lalu.

“Ya namanya juga mau ‘menikah’. Kalau mau cari pasangan, semua calon pasti cari pasangan yang cocok dengan visi sama, cita-cita sama, dan bagaimana visi misi dan cita-cita yang sama itu bisa untuk kesejahteraan rakyat,” kata puan.

Selain itu. Puan juga sudah membidik salah sosok yang akan mendampinginya sebagai calon wakil presiden selama menjalani safari politik. Namun dia masih belum mengungkapkan sosok pilihanya itu. 

Sementara itu, dia menegaskan bahwa calon presiden yang akan diusung partainya nanti, sepenuhnya merupakan wewenang dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Yang tahu calonnya cuma Bu Mega saja. Jadi kita taat, tunduk mekanisme partai, dan ikut Bu Mega. Sekarang yang penting kerja-kerja karena politik ya gitu harus kerja untuk merubah hati rakyat,” kata dia. 

Tag : #puan maharani    #dpp pdi    #politik    #pkb    #muhaimin iskandar    #megawati    #ketua dpr ri    #pilpres   

Baca Juga