Champlain Towers South, Bangunan Yang Runtuh DI Miami, Florida, AS

Puing-puing Gedung Champlain Towers South Miami Dievakuasi Dengan Cara Diledakkan

maraden | Internasional | 05-07-2021

Florida AS. Sisa puing-puing dari apartemen Champlain Towers South yang runtuh di dekat Miami telah dihancurkan karena kekhawatiran akan keselamatan saat badai tropis mendekati Florida. Minggu (4/7) Waktu setempat.

Pada Minggu malam, bahan peledak digunakan untuk menjatuhkan bagian terakhir Menara Champlain Shouth, yang telah dievakuasi.

Seperti diberikan BBC News pada 24 Juni, sebagian blok tiba-tiba runtuh. Dua puluh empat orang diketahui tewas dan 121 masih hilang. Akibatnya runtuhnya gedung Champlain Towers South yang runtuh di dekat Miami, Florida Amerika Serikat.

Para petugas melanjutkan pencarian korban dalam beberapa jam setelah pembongkaran. Mereka sekarang berharap bisa masuk ke arel parkir bawah tanah apartemen tersebut yang sebelumnya tidak bisa diakses, dan mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang rongga yang mungkin ada di reruntuhan.

Operasi pembongkaran dilakukan karena kekhawatiran atas Badai Tropis Elsa yang dapat mencapai Florida pada hari Selasa.

Pada hari Minggu, Walikota kota Charles Burkett mengatakan ada bahaya bahwa angin kencang dapat membawa puing-puing tambahan dan membahayakan nyawa kru pencarian.

Puing-puing yang ada, sementara itu, ditutupi dengan terpal untuk melindunginya dari debu atau puing-puing yang disebabkan oleh keruntuhan.

Meskipun tidak ada bangunan lain di daerah itu yang dievakuasi, penduduk di sekitarnya disarankan untuk tetap berada di dalam rumah dan menutup jendela mereka sampai setidaknya dua jam setelah pembongkaran.

Walikota Miami-Dade County Daniella Levine Cava mengatakan ledakan terkendali itu berjalan dengan baik sesuai dengan rencana.

"Saya merasa lega karena bangunan ini tidak stabil. Bangunan itu menghambat upaya pencarian kami," katanya kepada pers.

Ms Levine Cava menyatakan simpati kepada para korban baik dari keluaraga korban hilang maupun keluarga yang terpaksa diungsikan akibat evakuasi gedung tersebut.

Sementara itu, para pejabat sedang menyelidiki blok menara lain di daerah tersebut untuk kemungkinan adanya kesalahan struktural.

Apa yang menyebabkan Champlain Towers South yang berusia 40 tahun runtuh masih belum jelas. Namun, inspeksi tahun 2018 menyatakan adanya kekurangan dalam desain aslinya.

Tag : internasional,metropolitan

Berita Terkait