Betty Reid Soskin memutuakan untuk pensiun sebagai penjaga hutan di Taman Historis Nasional Rosie the Riveter, Richmond, California, di usianya yang ke-100. AP

Ranger Tertua AS Pensiun di Usia 100 Tahun

Dion | Internasional | 05-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Seorang ranger tertua di Amerika Serikat (AS) akhirnya memutuskan pensiun di usia 100 tahun.

Dikutip dari kantor berita Associated Press, Selasa (5/4/2022), Betty Reid Soskin pensiun sebagai penjaga hutan pada Kamis pekan lalu setelah bekerja mengawasi Taman Historis Nasional Rosie the Riveter, di Richmond, California, selama 15 tahun.

Wanita itu sebelum pensiun bertugas untuk menyediakan program Interperatif kepada warga dan pengunjung.

Ia juga memandu tur di taman dan museum yang dibangun untuk menghormati para wanita yang bekerja di pabrik-pabrik selama Perang Dunia II. Ia juga berbagi kisah tentang kehidupannya sebagai wanita kulit hitam saat konflik berlangsung.

Soskin pernah bekerja di Angkatan Udara AS pada tahun 1942. Namun ia kemudian berhenti  setelah mengetahui bahwa para atasannya mempekerjakannya karena mengira ia berkulit putih.

"Menjadi sumber sejarah utama dan membantu membentuk taman nasional baru sangatlah menyenangkan sekaligus menghibur," kata Soskin, melalui pernyataan taman nasional itu. "Dan membuktikan jika hal itu sangat berarti di tahun-tahun terakhirku," tambahnya.

Soskin mendapatkan posisi di taman nasional itu ketika berusia 84 tahun dan diangkat menjadi karyawan pada 2011. Ia merayakan ulang tahunnya yang ke-100 pada September tahun lalu.

"Betty telah membuat dampak yang sangat baik kepada taman nasional, sesuai dengan misi utama kami," kata Direktur Chuck Sams.

"Seluruh usahanya mengingatkan kami untuk terus mencari dan memberikan ruang terhadap seluruh perspektif. Sehingga kami dapat terus memberikan cerita tentang sejarah negara kami secara inklusif."

Soskin terlahir dengan nama Betty Charbonnet di Detroit pada 1921. Ia pernah selamat dari bencana banjir besar Mississippi di tahun 1927.

Keluarganya kemudian pindah ke Oakland dan Soskin menetap di pinggir pantai San Francisco.

Di sanalah pada 1945 ia bertemu dengan suami pertamanya yang kemudian membuka toko album rekaman pertama yang dimiliki oleh warga kulit hitam di wilayah itu.

Wanita itu juga pernah menjadi aktivis hak sipil dan mendapat kehormatan sebagai California Woman of the Year pada 1995. Pada 2015 Soskin menerima Koin Kepresidenan dari Presiden Barack Obama.

Namun malang, pada Juni 2016, saat berada di rumah, Soskin diseret dari tempat tidur dan dipukuli oleh perampok yang mengincar Koin Kepresidenan itu.

Uniknya, Soskin yang saat itu berusia 94 tahun, kembali bekerja seperti biasa usai dirawat. Dan Koin Kepresidenannya pun diganti.

Tag : #ranger    #amerika serikat    #internasional    #betty reid soskin    #pensiun    #detroit    #oakland    #california women of the year   

Baca Juga