Sempat Dipisahkan, Messenger Kembali Bergabung Ke Facebook

Wanovy | Teknologi | 09-03-2023

Ilustrasi Facebook dan Messenger, foto: gamebrott.com

PARBOABOA - Meta, perusahaan induk Facebook, baru-baru ini mengumumkan bahwa aplikasi Messenger akan bergabung kembali dengan aplikasi Facebook.

Setelah bertahun-tahun dipisahkan, perusahaan menyatakan bahwa perubahan ini akan segera terjadi dan pengguna akan melihat perubahan dalam waktu dekat.

Kepala Facebook Tom Alison dalam postingan di blog-nya mengungkapkan perusahaan saat ini sedang menguji kemampuan untuk mengakses kotak masuk Messenger dalam aplikasi Facebook. Dia mencatat bahwa pengujian akan diperluas ke lebih banyak pengguna segera.

“Selama beberapa tahun mendatang, kami akan membangun lebih banyak cara untuk mengintegrasikan fitur perpesanan di Facebook,” tulis Alison.

“Pada akhirnya, kami ingin mudah dan nyaman bagi orang-orang untuk terhubung dan berbagi, baik di aplikasi Messenger atau langsung di dalam Facebook.”

Meta berharap bahwa dengan menggabungkan aplikasi Messenger dan Facebook, pengguna akan lebih mudah dan nyaman untuk terhubung dan berbagi.

Dilansir dari Android Headlines, dalam waktu dekat, pengguna tidak perlu lagi menginstal aplikasi Messenger terpisah untuk melihat kotak masuk.

Semua dapat dilakukan dalam aplikasi Facebook tunggal, yang akan menjadi satu platform untuk komunikasi melalui Messenger dan menggulir umpan berita.

Meskipun sebelumnya dipisahkan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik, Meta berpikir bahwa dengan menggabungkan keduanya, pengalaman pengguna akan lebih memuaskan.

Untuk diketahui, ketika memutuskan untuk melepaskan Messenger dari Facebook, CEO Meta Mark Zuckerberg saat itu menginginkan setiap aplikasi fokus pada satu hal. Itulah mengapa dia membuatkan Messenger aplikasi sendiri.

Rencana untuk mengembalikan Messenger ke Facebook sebenarnya sudah dirumorkan sejak tahun lalu.

The Verge pernah melaporkan pada Juni lalu, disusul konsultan media sosial Matt Navarra yang membagikan tangkapan layar dari fitur baru tersebut di Twitter pada bulan Desember.

Tangkapan layar menunjukkan tombol putih di sisi kanan layar - yang tampaknya bisa digeser secara fleksibel ke seluruh penjuru layar. Ketika tombol tersebut diklik, tampil undangan untuk mencoba "pengalaman pesan terbaru Facebook".

Meski demikian, Meta sejauh ini belum membagikan informasi resmi apapun. Belum diketahui kapan Messenger akan kembali tersedia di dalam aplikasi Facebook atau hal itu mungkin tidak akan pernah terjadi.

Editor : Juni Sinaga

Tag : #messenger    #facebook    #teknologi    #apps    #meta   

BACA JUGA