Pasukan milisi Taliban mengusai Afganistan dan menyita semua senjata yang ditinggalkan Amerika

Taliban Temukan Gudang Senjata yang ditinggalkan AS Jika Kembali Ke Afganistan

Maraden | Internasional | 30-09-2021

PARBOABOA, Kabul – Kelompok Taliban dikabarkan menemukan dua gudang berisi senjata canggih yang ditinggalkan Amerika Serikat di Afganistan. Dua gudang itu dikatan berisi persenjataan berat seperti rudal dan ratusan ribu amunisi, bahkan suku cadang helikopter.

Taliban menemukan dua gudang berisi senjata canggih itu di Mazar-i-Sharif dan Herat.  Militer AS diketahui meninggalkan persenjataan itu untuk berjaga-jaga jika musuh mereka menyerang saat melakukan penarikan ke ibu kota Kabul beberapa waktu lalu.

Persenjataan itu dilaporkan sengaja ditingal AS unutk berjaga-jaga manakala suatu saat mereka harus kembali ke Afghanistan. AS akan menggunakan persenjataan itu untuk melakukan respon cepat jika Al-Qaeda ataupun Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) menyerang.

Sumber internal di Washington mengatakan bahwa suku cadang helikopter tersebut penting bagi mereka dalam melancarkan serangan darat melawan teroris.

Dijelaskan sumber itu, AS terlalu kesulitan jika harus mengangkut persenjataan mereka dari negara tetangga karena banyak wilayah sekitar Afghanistan yang rawan serangan musuh. Dengan begitu jika suatu saat harus kembali ke Afghanistan, maka AS bisa dengan cepat mempersenjatai diri tanpa harus repot mengangkutnya dari negara tetangga.

Tag : #internasional    #taliban    #konflik afganistan    #militer AS     #taliban kuasai afganistan   

Baca Juga