Ilustrasi

Tencent Bakal Bangun Data Center Kedua di Indonesia Akhir Tahun Ini

wanovy | Teknologi | 07-09-2021

Tencent Cloud, merek layanan komputasi awan milik Tencent, berencana untuk membangun internet data center (IDC) kedua di Indonesia pada akhir 2021.

Ini pertama kalinya Tencent mendirikan dua IDC di pasar yang sama dalam satu tahun. Senior Vice President Tencent Cloud Internasional Poshu Yeung mengatakan IDC Tencent Cloud di Indonesia telah mendorong langkah Indonesia menuju digitalisasi yang lebih maju.

Hal ini terlihat dari makin banyaknya klien, perusahaan, dan organisasi yang meraih sukses dengan menggunakan layanan dan produk berkualitas tinggi kami. Dengan solusi Tencent Cloud yang aman dan andal, dan pengalaman panjang kami di berbagai sektor dan industri, kami ingin terus bekerjasama dengan mitra-mitra lokal kami dan membantu Indonesia mempercepat transformasi digital, ujar Yeung, dalam keterangan resminya, Senin (6/9).

Pendirian pusat data Tencent Cloud di Indonesia juga dimaksudkan untuk mendukung perkembangan yang terjadi pada berbagai industri, mulai dari layanan keuangan, internet dan e-commerce, hingga hiburan, game, dan pendidikan.

Dari segi layanan keuangan, misalnya, Tencent Cloud menyebut layanannya mampu membantu industri layanan keuangan mengatasi berbagai tantangan transformasi digital, seperti dalam hal arsitektur data, keamanan data, dan transaksi dengan frekuensi tinggi.

Adapun layanan digital untuk Industri Layanan Keuangan juga di sediakan seperti jasa dukungan yang signifikan untuk industry layanan keuangan melalui produk dan solusi seperti database TDSQL yang telah tersertifikasi secara finansial, eKYC, OCR, dan banyak teknologi berbasis AI lainnya.

Sebagai informasi, Tencent Cloud adalah usaha cloud computing Tencent, sebuah penyedia layanan internet bernilai tambah tinggi dengan keahlian di bidang game, teknologi audio dan video, dan layanan FinTech.

Tencent juga menawarkan layanan cloud yang berkinerja tinggi, berkebutuhan perawatan yang mudah, pintar, dan fleksibel bagi para pelanggan Indonesia.

Selain itu, Tencent Cloud juga turut menyediakan layanan untuk para developer game yang membutuhkan platform layanan cloud berkualitas tinggi dengan latensi rendah, kualitas audio yang mulus, pencegahan cheating.

Solusi game yang ditawarkan mencakup Game Mutlimedia Engine (GME), Game Server Elastic-scaling (GSE), AntiCheat Expert (ACE), dan masih banyak lagi. Di Indonesia sendiri, data center pertama Tencent dibangun di pusat bisnis DKI Jakarta. Namun, Tencent tidak menyebutkan di mana IDC kedua akan didirikan.

Tag : #teknologi   

Baca Juga