Ilustrasi sakit perut saat berpuasa (honestdocs.com)

Berikut Cara Mencegah Sakit Perut saat Berpuasa

Dimas | Kesehatan | 16-04-2022

PARBOABOA, Jakarta – Tak sedikit orang yang mengaku alami sakit perut saat berpuasa. Bahkan, sebagian orang harus membatalkan puasanya karena tidak tahan dengan sakit tersebut.

Ada sejumlah faktor yang dapat memicu munculnya sakit perut ketika berpuasa, seperti konsumsi makanan yang tidak tepat saat sahur, intoleransi laktosa, kekurangan vitamin, memiliki masalah peradangan pada pencernaan atau bisa jadi alergi dengan makanan tertentu.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir. Parboaboa akan memberikan Informasi terkait cara mencegah sakit perut saat berpuasa.

Cara Mencegah Sakit Perut saat Berpuasa

1. Hindari makan berlebihan

Saat Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan, tekanan di perut akan menjadi terlalu tinggi. Hal ini menyebabkan asam lambung naik yang berujung pada munculnya rasa mulas di perut.

Selain itu, makanan berlebih yang Anda konsumsi akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna, karena terbatasnya enzim pencernaan di perut. Hal itulah yang menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan pada perut akibat diisi terlalu banyak makanan.

2. Hindari makanan pedas dan berlemak

Makanan pedas bukanlah pilihan makanan yang tepat untuk berbuka puasa dan sahur. Pasalnya, kandungan capsaicin pada cabai dapat mengiritasi lambung Anda.

Kebiasaan makan gorengan serta makanan tinggi lemak juga bisa memicu sakit perut. Sebab, lemak bisa memperlambat kerja sistem pencernaan dan dapat meningkatkan asam lambung.

3. Makanlah dengan cara perlahan

Meluangkan waktu untuk makan perlahan tidak hanya baik untuk pencernaan, tapi juga membantu Anda makan dengan porsi yang tepat. Perut membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk memberi tahu otak jika sudah kenyang.

4. Hindari minuman yang mengandung kafein

Tak sedikit orang yang mengonsumsi teh dan kopi saat sahur atau pun berbuka puasa. Namun, ternyata mengonsumsi teh atau kopi saat sahur merupakan hal yang tidak dianjurkan.

Sebab, teh dan kopi memiliki kandungan kafein yang dapat mengiritasi lambung. Kafein menstimulasi gerak usus untuk bergerak lebih cepat saat mencerna makanan. Hal itulah yang menyebabkan perut terasa sakit dan bahkan bisa berujung alami diare.

5. Jalan-jalan setelah makan

Sehabis makan sahur ataupun berbuka, sempatkanlah diri Anda untuk berjalan kaki selama beberapa menit.

Hal itu cukup berguna untuk mengurangi risiko Anda terserang sakit perut saat berpuasa. Sebab, gerakan tubuh dapat membantu pencernaan dengan mendorong rangsangan pada perut dan usus agar nakanan lebih cepat dicerna.

6. Konsultasi ke dokter

Jika Anda sebelumnya memiliki masalah pada sistem pencernaan, Anda bisa konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Hal tersebut sangat penting guna memastikan apakah aman bagi Anda untuk berpuasa. Selain itu, Anda juga bisa meminta resep obat kepada dokter guna membantu menjalani ibadah puasa.

Nah, itulah seputar informasi terkait cara mencegah sakit perut saat berpuasa. Semoga bermanfaat!

Tag : #puasa    #sakit perut    #kesehatan    #masalah pencernaan    #lambung   

Baca Juga