Warga mengeringkan ikan yang mereka dapat setelah meloncat ke dermaga kapal

Viral Ribuan Ikan Meloncat ke Daratan di Bayuwangi

rini | Nasional | 10-08-2021

PARBOABOA, Bayuwangi - Kejadian aneh yang terjadi di Bayuwangi viral di media sosial. Dalam video yang beredar, ikan-ikan kecil berlompatan ke dermaga kapal yacht di pantai Mariana Boom, Bayuwangi. Warga yang berada di lokasi memunguti ikan-ikan kecil yang naik ke dermaga menggunakan wadah ember dan plastik.

Kejadian aneh ini sempat dikait-kaitkan warga sebagai pertanda bencana alam. Sebagian justru berasumsi ikan-ikan itu meloncat karena dikejar ikan predator yang besar. Ada juga isu yang menduga fenomena ini terjadi karena ikan-ikan sedang melimpah saat musim panen.

Salah satu saksi masa Joni Ruindungan mengatakan, fenomena aneh ini terjadi pada hari Minggu (8/8/2021).

"Ribuan ikan kecil-kecil kemarin sore lompat-lompat di dermaga kapal yacht (Mariana Boom). Banyak sekali sampai orang-orang ramai mengambilnya," kata Joni kepada wartawan.

Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Banyuwangi, Suryono Bintang Samudera menjelaskan, banyak faktor yang bisa mengakibatkan adanya fenomena ikan naik ke permukaan. Di antaranya adalah pergantian musim dan kondisi arus air.

"Misalnya saja pergerakan air dingin yang memiliki masa jenis lebih besar dari dasar menuju permukaan. Atau kondisi air yang tercemar sehingga menyebabkan fenomena ikan terdampar ke daratan," ujarnya kepada wartawan, Senin (9/8/2021).

Suryono juga membenarkan kemungkinan ikan-ikan melompat karena predator yang sedang mengejar mangsa.

"Bukan karena faktor alam, namun karena faktor kawanan ikan predator yang sedang memburu. Karena kualitas air saat ini sedang bagus juga dan kebetulan memang lagi musim ikan Sempenit yang hidupnya bergerombol. Sehingga sering jadi mangsa ikan besar," jelasnya.

"Jika dianalisa, kemungkinan paling kuat karena ada ikan besar yang sedang berburu mangsa. Seperti ikan lumba-lumba dan beberapa ikan besar yang hidup di perairan tersebut," tambah Suryono.

Dia merinci, kawanan ikan pemangsa sengaja menggiring ikan-ikan kecil hingga terpojok. Di situ terjadi sebuah gerombolan ikan kecil yang tak terhitung jumlahnya mudah untuk dimangsa. Ikan-ikan kecil selanjutnya mencoba menghindari pemangsa dengan meloncat ke atas permukaan.

"Nah saat meloncat itulah ikan-ikan kecil tersebut bisa mendarat di daratan. Dari video yang kami terima, kebetulan lokasinya di dermaga VIP Mariana Boom," jelasnya.

Tag : #bayuwangi    #pantai Mariana Boom   

Baca Juga