Ilustrasi

Waspada! Aplikasi Edit Foto Jadi Pengantin yang Viral Ternyata Tidak Gratis

Wanovy | Teknologi | 08-11-2021

Baru-baru ini aplikasi Tempo untuk edit foto jadi riasan pengantin mendadak viral dan banyak digunakan pengguna media sosial. Namun, ternyata aplikasi ini tidaklah gratis.

Aplikasi ini dapat menyulap foto seseorang menjadi mirip pengantin, lengkap dengan gaun, mahkota, hingga segala riasannya.

Yang mungkin belum banyak diketahui, aplikasi ini bisa digunakan secara gratis, tapi hanya untuk beberapa hari pertama saja. Setelahnya, pengguna akan dikenakan tagihan langganan.

Salah satu pengguna Facebook bernama Udin e Dadung mengimbau pengguna aplikasi Tempo - Face Swap Video Editor agar mengetahui dan menyadari perihal tagihan tersebut. Menurut dia, aplikasi yang bersangkutan hanya gratis selama 2-3 hari sebelum menagih bayaran.

"Akan ada tagihan sebesar Rp 202.400 dan pajak sebesar Rp 18.400 setiap tahun sampai teman-teman membatalkan langganan," tulis Udin dalam posting yang diunggahnya.

Melansir dari kompas, aplikasi Tempo - Face Swap Video Editor dapat membebankan pengguna dengan biaya berlangganan. Tagihan tersebut kerap ditawarkan ketika pengguna hendak menggunakan aplikasi Tempo.

Sesaat setelah membuka aplikasi, pengguna Tempo - Face Swap Video Editor umumnya akan menjumpai jendela pop-out berisi tombol "Continue" berukuran cukup besar. Sebagian pengguna biasa mungkin akan spontan menekan tombol tersebut agar bisa lanjut memakai aplikasi.

Jika pengguna menekan tombol Continue, maka aplikasi akan menyodorkan laman berisi tagihan berlangganan. Laman tersebut akan berisi persetujuan bahwa pengguna akan diberikan akses uji coba aplikasi Tempo - Face Swap Video Editor secara gratis dalam tiga hari ke depan.

Namun setelah masa uji coba tersebut berakhir, pengguna akan dibebankan tagihan. Besarannya adalah Rp 184.00 dengan pajak Rp 18.400, menurut pengamatan KompasTekno.

Apabila Anda menekan tombol "Subscribe" di laman ini, maka Anda akan dianggap setuju untuk membayar biaya yang sudah disebut di atas dan akan dikenakan tagihan.

Biaya tersebut akan dibayar menggunakan metode pembayaran yang terdaftar di Google Play Store, seperti kartu kredit, dompet digital GoPay, atau potong pulsa.

Untuk menghindari proses berlangganan, alih-alih tombol "Continue", pengguna harus menekan tombol "X" di jendela pop-up.  Letaknya di pojok kiri atas. Dengan menekan tombol "X" ini, pengguna tidak akan ditagih biaya berlangganan aplikasi di Google Play Store.

Pengguna juga bisa melanjutkan menggunakan aplikasi secara gratis tanpa perlu khawatir dikenakan biaya berlangganan. Sebab, Tempo - Face Swap Video Editor tak masuk dalam daftar langganan di Google Play.

Tag : tempo, edit foto, pengantin, berbayar, langganan

Berita Terkait