Ilustrasi hujan lebat disertai angin kencang (dok: Okezone)

BMKG: Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sumut

Sarah | Daerah | 12-05-2022

PARBOABOA, Medan - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga agar waspada terhadap potensi hujan lebat yang akan mengguyur sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut).

Prakiraan BMKG Wilayah I Medan, Lestari Irene Purba mengatakan, perkiraan cuaca di daerah Sumut berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Menurutnya, kondisi itu akan berlangsung mulai hari ini hingga hari minggu mendatang.

Adapun sejumlah wilayah yang akan diguyur hujan, yakni Kabupaten Langkat, Kabupaten Deli Serdang, Deli Tua, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Asahan, Kabupaten Toba Samosir.

Tak hanya itu, hal ini juga dapat meluas ke beberapa lokasi seperti Kota Medan, Madina, Nias dan Gunung Sitoli.

Ia juga menjelaskan bahwa suhu rata-rata untuk beberapa hari kedepan diperkirakan berada pada kisaran 23 hingga 31 derajat celsius dan tingkat kelembapan udara berada pada kisaran 65 persen hingga 95 persen.

Hal ini membuat kondisi cuaca di Sumut lebih sejuk karena tingkat suhu udara lebih rendah dengan tingkat kelembapan udara hingga 95 persen.

"Ini sebagai peringatan dini agar beberapa kawasan khususnya masyarakat yang tinggal di wilayah rawan dapat melakukan antisipasi dini," jelas Irene.

Tag : #bmkg    #sumatera utara    #daerah    #petir    #berita sumut   

Baca Juga