Ilustrasi mobil yang menerjang banjir (Dok: langit7.id)

Simak! Tips Mencegah Terjadinya Water Hammer pada Mobil

Dimas | Otomotif | 18-07-2022

PARBOABOA – Istilah Water Hammer mungkin sudah tidak asing lagi terdengar di telinga para pemilik mobil. Pasalnya, Water Hammer memang menjadi momok menakutkan bagi para pemilik mobil saat musim hujan dan banjir.

Water Hammer sendiri adalah kondisi dimana kandungan air masuk ke ruang pembakaran mesin dalam jumlah yang banyak dan tidak bisa dikompresikan, sehingga komponen pembakaran pada mesin menjadi terganggu.

Saat ruang pembakaran kemasukan air dan tidak bisa dikompresi, maka hal ini akan menyebabkan silinder dapur pacu dan piston menjadi bengkok. Selain itu, kondisi tersebut juga dapat menyebabkan blok mesin menjadi retak dan berujung pada mobil tidak dapat menyala.

Perlu diketahui, Water Hammer bukan hanya muncul akibat banjir dan musim hujan. Kondisi ini bisa juga terjadi karena proses mencuci mobil yang salah.

Tips Mencegah Water Hammer pada Mobil

Setelah mengetahui apa itu Water Hammer dan akibat yang ditimbulkan, tentunya para pemilik mobil juga harus mengetahui cara mencegahnya. Hal ini sangat penting guna menghindari kemungkinan terjadinya kerusakan yang parah pada mobil.

1. Hindari Area Banjir

Seperti yang telah disebutkan diatas, penyebab utama dari Water Hammer sendiri adalah banjir. Oleh karena itu, cobalah sebisa mungkin tidak melewati jalan yang terdapat genang air yang cuku tinggi.

Namun jika Anda terpaksa melewati jalur yang sedang banjir, maka usahakan untuk memilih jalur yang cukup dangkal dan tidak melaju terlalu kencang untuk mencegah masuknya air ke ruang pembakaran.

2. Hindari Arus Deras

Selain area banjir, anda juga sebaiknya tidak berkendara saat terdapat arus air yang sangat deras. Sebagai contoh, jika anda sedang berkendara di wilayah pengunungan dan sedang terjadi hujan, arus air yang deras bisa saja terjadi di jalananan menanjak dan bisa masuk keruang pembakaran melalui knapot mobil.

Selain itu, berkendara saat hujan deras di area terjal juga bisa menyebabkan kecelakaan.

3. Pertahankan Kecepatan Saat Terjebak Banjir

Saat para pemilik mobil terjebak di jalur banjir, cobalah untuk menginjak gas mobil dengan stabil. Cara tersebut dilakukan agar air banjir tidak bmasuk melalui knalpot mobil, sehingga mobil tidak mati mendadak.

Dengan begitu, para pemilik mobil akan terhindar dari kemungkinan terjadinya Water Hammer pada engine mobil.

Nah, itulah seputar informasi seputar tips mencegah terjadinya Water Hammer pada mobil. Apabila mobil Anda terlanjur mengalami masalah ini, segera bawa mobil Anda ke bengkel terdekat untuk dilakukan perbaikan. Semoga bermanfaat!

Tag : #mobil    #water hammer    #otomotif    #mesin mobil    #banjir   

Baca Juga