Menpora Amali pimpin acara pengukuhan Kontingen Indonesia Asean Para Games 2022 (Humas Kemenpora)

22 Atlet Sumut Mewakili Indonesia di ASEAN Para Games 2022

Sari | Daerah | 30-07-2022

PARBOABOA, Medan – Mulai hari ini, Sabtu (30/7/2022) pesta olahraga disabilitas terbesar di Asia Tenggara, ASEAN Para Games 2022 resmi digelar. Ajang multi-olahraga yang digelar dua tahunan ini berlangsung selama sepekan, pada 30 Juli – 6 Agustus 2022 di Solo, Jawa Tengah, Indonesia.

Sumatera Utara (Sumut) mengirimkan 22 atlet National Paralympic Committee (NPC) yang akan memperkuat kontingen Indonesia pada ASEAN Para Games 2022 (APG) ke XI tersebut.  

Sebelumnya, para atlet telah menjalani pemusatan latihan di Pelatnas Solo, sejak Januari 2022. Mereka merupakan atlet yang direkrut dari hasil Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2021 dan seleksi nasional.

Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting mengatakan, NPC menargetkan 20 emas pada ajang APG XI sekaligus mengantarkan Indonesia menjadi juara umum.

"Kita pastinya dengan jumlah 22 atlet Sumut yang akan mewakili Indonesia di APG nanti bisa meraih medali, sekaligus mengantarkan Indonesia sebagai juara umum. Secara keseluruhan kita targetkan 20 emas bisa direbut oleh atlet NPC Sumut," ujar Alan, Jumat (29/7/2022).

Mengulang kesuksesan pada AGP 2017, Alan optimis atlet nomor lempar cakram bisa kembali membawa pulang medali emas.

"Saya target medali emas di nomor lempar cakram. Sejauh ini tidak ada kendala selama pelatnas. Kami juga minta doa seluruh warga Sumut, khususnya masyarakat Indonesia agar target juara umum bisa tercapai," ungkapnya.

Sementara untuk pecatur putri, Aisyah Wijayanti, berkomitmen memberikan prestasi terbagi untuk tim merah putih. Tampil di enam nomor lomba, Aisyah yang baru saja berlaga di kejuaraan dunia catur di Paris itu sudah memiliki strategi khusus untuk merebut medali emas.

"Semoga bisa meraih medali emas bagi Indonesia. Minta doanya juga supaya tanding nanti tetap fokus," kata Aisyah.

Adapun nama-nama 22 atlet yang berlaga di APG 2022 adalah Alan Sastra Ginting, Putri Aulia, Eko Saputra, Muammar Habibila, Nur Ferry Pradana, Siti Nuraisyah Asikin, Nina Gusmita, Reza Pramana Perangin - angin, dan Riadi Saputra (atletik).

Kemudian Tambi Sibarani, Nurtani Purba, Anto Boy (angkat berat), Aisah Wijayanti, Yustina Halawa, Roslinda Manurung, Khairunnisa, Wilma Margaretha Sinaga (catur). Lalu, Sahrul Sulaiman, Junifor Bate, Marialam Sihotang (judo), Fikkri Thoib (tenis lapangan), dan Sofyan (tenis meja).

Tag : #ASEAN Para Games 2022    #atlet sumut    #daerah    #NPC sumut    #APG XI    #berita sumut   

Baca Juga