Ilustrasi pendidikan

5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Asia Tenggara

Sondang | Pendidikan | 05-03-2022

PARBOABOA, Siantar - Dimasa sekarang ini, pendidikan sudah menjadi kebutuhan pokok setiap warga Negara. Untuk Indonesia sendiri, pemerintah telah mewajibkan seluruh masyarakat untuk bersekolah minimal selama 12 tahun.

Pendidikan dianggap sebagai kunci kualitas bagi sumber daya manusia di setiap negaranya. Kualitas sumber daya ini juga menjadi kunci dari kemajuan sebuah Negara. Semuanya saling berkesinambungan demi peningkatan SDM disetiap Negara agar warga Negara semakin sejahtera.

Apabila semakin banyak warga Negara yang memperoleh akses pendidikan yang tinggi, maka akan semakin banyak juga sektor dan bidang tertentu yang menghampiri tenaga professional di bidangnya masing-masing.

Namun di Indonesia, masalah pendidikan masih menjadi PR besar bagi pemerintah. Hal ini dikarenakan rata-rata warga masyarakat masih belum memiliki kesadaran untuk tetap bersekolah. Meski aturan wajib belajar 9 tahun dan di gratiskannya biaya pendidikan selama 9 tahun oleh pemerintah belum juga membuat sebagian warga mau pergi bersekolah.

Di dalam UUD 1945, sudah dijelaskan mengenai mendapatkan Pendidikan Pasal 31 Ayat 1: “Setiap warga Negara berhak mendapatkan pendidikan,” namun nyatanya masih juga belum di indahkan oleh warga Negara.

Mutu pendidikan disetiap Negara akan menjadi tolok ukur bagi kemajuan Negara. Berikut artikel pendidikan ini akan memberikan informasi penting mengenai 5 negara dengan sistem pendidikan terbaik di asia tenggara. Namun sebelum dilanjut, ada baiknya kita sama-sama mengetahui pengertian pendidikan, serta tujuan pendidikan untuk di setiap Negara.

Pengertian Pendidikan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Arti pendidikan menurut bahasa asing, dalam bahasa Inggris pendidikan berarti education. Sedangkan dalam bahasa latin berarti educatum yang berasal dari kata E dan Duco, E berarti perkembangan dari luar dari dalam ataupun perkembangan dari sedikit menuju banyak, sedangkan Duco berarti sedang berkembang.

Secara umum, pengertian pendidikan adalah serangkaian proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, serta kebiasaan manusia yang diwariskan dari generasi ke generasi selanjutnya melalui pelatihan, pengajaran, dan penelitian.

Tujuan Pendidikan

Seluruh Negara yang ada dimuka bumi ini pasti memiliki tujuan pendidikan yang hampir sama, yaitu meningkatkan SDM warga Negara agar memperoleh kesejahteraan dikemudian hari.

Secara mendasar, terdapat beberapa tujuan pendidikan yang dijadikan sebagai sebuah pedoman, sebagai berikut.

Menurut UUD 1945 Pasal 31 ayat 3 dan 5 (amandemen), disebutkan bahwa pemerintah terus mengusahakan dan menyelenggarakan pendidikan nasional guna meningkatkan ketakwaan iman dan akhlak peserta didik.

Sementara UU No. 20 Tahun 2003, menyatakan bahwa tujuan pendidikan yaitu pendidikan yang mampu membentuk peradaban bangsa yang bermatabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Potensi peserta didik yang berkembang akan menjadikan mereka semakin takwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

UNESCO dan PBB juga tidak tinggal diam untuk masalah pendidikan terutama di dunia. Kedua organisasi dunia ini berpendapat tentang tujuan pendidikan yang memiliki empat pilar, yaitu learning to do, learning to know, learning to live together, dan learning to be.

5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Asia Tenggara

Setelah memahami arti dari pentingnya pendidikan serta tujuannya, berikut daftar 5 negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara.

1. Singapura

Negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia tenggara di urutan pertama yaitu Singapura. Walau sempat mengalami penurunan yang signifikan pada tahun 2020, yang menempati urutan ke 19 dari ke 73 negara di dunia.

2. Malaysia

Diurutan kedua negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia tenggara adalah Negara Malaysia yang ternyata mengalami peningkatan di dunia, dari urutan ke 39 menjadi urutan ke 38.

3. Thailand

Diposisi selanjutnya ada Negara Thailand, dengan sistem pendidikan wajib belajar 12 tahun dengan rincian yang sama dengan Indonesia, 6 tahun sekolah dasar, 3 tahun sekolah menengah pertama dan 3 tahun sekolah menengah atas.

4. Indonesia

Selanjutnya, negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia tenggara adalah Indonesia, yang dalam peringkat dunia berada di posisi 55 dari 73 negara.

5. Filipina

Negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia tenggara yang berada diposisi terakhir adalah Filipina.

Itulah 5 negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara. Semoga membantu!

Tag : #pendidikan    #indonesia    #malaysia    #singapura    #filipina    #thailand    #asia tenggara    #uud 1945   

Baca Juga