ilustrasi penuaan dini. © huffingtonpost.com

8 Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Penuan Dini

Martha | Kesehatan | 14-12-2021

PARBOABOA – Setiap orang pasti menginginkan agar tetap kelihatan muda. Tetapi kita harus menerapkan gaya hidup yang sehat semasa muda.

Tapi kita harus tau juga kondisi penuaan tidak dapat dihindari, namun terdapat beberapa cara memperlambat penuaan dini yang bisa dilakukan. Hal ini tentu saja berkaitan dengan mengubah gaya hidup yang lebih sehat.

Dengan menjaga pola hidup yang sehat dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan mencegah berbagai macam penyakit yang berbahaya. Berikut cara menjaga gaya hidup sehat yang perlu dilakukan mulai dari sekarang.

1. Jangan Merokok

Jika kalian tidak ingin memiliki keriput lebih cepat, maka jangan merokok. Merokok dapat mempercepat terjadinya kerutan pada kulit anda. Karena dalam rokok mengandung Nikotin yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah di lapisan terluar kulit kita.

2. Perbanyak protein

Mengonsumsi protein juga dapat membantu tubuh anda membangun dan mempertahankan massa otot. Makanan yang mengandung protein yang tinggi diantaranya adalah salmon, telur, tahu, dan banyak lagi.

3. Kurangi stres

Orang-orang yang mengalami depresi dapat mempercepat proses penuan dini dengan memperpendek telomere DNA. Jadi, jika kalian ingin mencegah depresi kalian bisa melakukan beberapa cara ini seperti, berjalan-jalan, belanja, yoga, olahraga, bernyanyi, atau melakukan hal yang membuat kalian senang.

4. Cuci muka sebelum tidur

Sekipun hal ini terlihat sepele, tetapi kebiasaan ini dapat membantu kulit anda beregeneresi saat tidur. Jadi jangan pernah lupa untuk mencuci muka kalian sebelum tidur, telebih jika kalian sudah lama beraktivita di luar ruangan.

5. Perbanyak minum air

Mengonsumsi air yang cukup dapat menjaga kulit anda tetap terhidrasi. Kalo hilang hidrasi kulit anda dapat menjadi kering dan rentan terdapat kerutan.

6. Tidur yang cukup

Dengan melakukan tidur yang cukup dapat mempermudah dalam meregenerasi kulit anda. Tidur yang cukup juga dapat mencegah munculnya lingkaran hitam dibawah mata. Anda dianjurkan untuk tidur selama 6 jam per hari.

7. Mengonsumsi buah dan sayur

Cara yang selanjutnya adalah dengan memulai mengonsumsi buah dan sayur-sayuran. Buah dan sayur mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi dan baik untuk tubuh.

8. Mengurangi konsumsi gula

Cara memperlambat penuan dini yang terakhir bisa kalian lakukan dengan mengurangi konsumsi gula yang berlebihan. Di ketahui kalok terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menyebabkan resiko datangnya penyakit dan juga terjadinya resiko kelebihan berat badan atau obesitas.

Tag : #gaya hidup sehat    #mencegah penuan dini    #kesehatan    #penuan kulit   

Baca Juga