Ada 3.282 Guru di Pematang Siantar Belum Bersertifikasi

Kantor Dinas Pendidikan Pematang Siantar (Foto : Parboaboa/Halima)

PARBOABOA, Pematang Siantar - Dinas Pendidikan Pematang Siantar mendorong guru TK (Taman Kanak-Kanak), SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama) memiliki sertifikasi profesi. Saat ini 3.282 guru yang mengajar di taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) di Pematang Siantar yang belum bersertifikasi.

Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Kabid PTK) Kota Pematang Siantar, Supriadi mengatakan, sertifikasi profesi salah satu program pemerintah untuk meningkatkan kualitas mengajar dan lulusan sekolah tersebut.

“Guru yang hingga kini belum memiliki sertifikasi profesi dianjurkan mengikuti uji tulis nasional atau uji kompetensi,” kata Supriadi, Rabu (28/12/2022).

Supriadi mengatakan, jumlah guru yang sudah bersertifikasi profesi di Pematang Siantar ada sebanyak 1.631.

“Dari jumlah yang dilihat ada sebanyak 1.631 guru yang kita data telah bersertifikasi,” jelas Supridi.

Supriadi juga menjelaskan, untuk mendapatkan sertifikasi guru minimal menjadi guru tetap terlebih dahulu. Dia juga tidak membenarkan jika honorer akan mendapatkan sertifikasi guru seperti guru
lainnya.

“Sertifikasi guru didapat dengan melalui pendidikan profesi guru (PPG) sesuai dengan aturan dari pemerintah. Biasanya harus mengikuti ujian tertulis nasional atau uji kompetensi,” tuturnya.

Supriadi menambahkan, selain untuk meningkatkan kualitas pengajar dengan mengikuti ujian tertulis nasional dan uji kompetensi dan mendapatkan sertifikasi guru.

“Para guru juga akan mendapatkan tunjangan dari pemerintah,” ucap Supriadi.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS