parboaboa

BRI Liga 1 2023/2024: Aji Santoso Resmi Berpisah dengan Persebaya Surabaya

Michael | Sepakbola | 14-08-2023

Persebaya Surabaya dan Aji Santoso telah resmi berpisah saat BRI Liga 1 2023/2024 menyelesaikan delapan pertandingan. (Foto: Instagram/@officialpersebaya)

PARBOABOA – Persebaya Surabaya dan Aji Santoso telah resmi berpisah saat BRI Liga 1 2023/2024 menyelesaikan delapan pertandingan.

Kabar mengenai perpisahan ini diumumkan oleh Persebaya melalui akun media sosial mereka pada hari Senin, 14 Agustus 2023, sekitar tengah hari waktu setempat (WIB).

"Persebaya telah secara resmi mengakhiri kerja sama dengan Aji Santoso pada hari Minggu, 13 Agustus 2023. Telah bersama sejak musim Liga 1 2019, banyak momen sedih dan gembira telah dialami oleh Persebaya bersama Coach Aji," demikian pengumuman dari tim Bajul Ijo.

"Manajemen sebenarnya telah menawarkan beberapa posisi baru kepada Coach Aji setelah ia sementara waktu diistirahatkan dari perannya sebagai pelatih kepala menyusul kekalahan melawan Persikabo. Tawaran ini dibuat agar Coach Aji dapat menjalani kontraknya hingga April 2024. Namun, Coach Aji menolak tawaran ini."

"Sekali lagi, kami mengungkapkan rasa terima kasih atas dedikasi dan kerjasama Coach Aji selama perjalanan ini."

Sementara Waktu diistirahatkan

Status Aji Santoso di Persebaya Surabaya sempat diistirahatkan pada hari Jumat, 4 Agustus 2023. Sang arsitek berusia 53 tahun itu diberikan waktu istirahat dari perannya sebagai pelatih kepala Bajul Ijo.

Keputusan ini diambil setelah Persebaya menelan kekalahan pahit dengan skor 1-2 melawan Persikabo 1973 dalam pekan keenam BRI Liga 1 2023/2024, yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

"Manajemen Persebaya telah memutuskan untuk sementara mengistirahatkan head coach Aji Santoso dari tugasnya, menyusul hasil yang kembali tidak memuaskan di kandang, yakni kekalahan 1-2 dari Persikabo 1973. Keputusan ini diambil karena tim tidak mampu mencapai target tujuh poin dalam tiga pertandingan," demikian pernyataan resmi di situs web klub.

"Manajemen akan memantau dua pertandingan mendatang melawan Bhayangkara FC dan Persita Tangerang untuk menentukan langkah selanjutnya. Dalam dua pertandingan ini, tim akan dipimpin oleh Coach Uston Nawawi."

"Persebaya Surabaya mengucapkan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pendukung yang selalu memberikan dukungan tanpa henti. Kami berharap Persebaya dapat segera kembali ke jalur yang kita semua idamkan."

Penerimaan dan Pemahaman

Kemudian, Aji Santoso menerima situasi ini dengan pemahaman setelah sementara waktu diistirahatkan dari peran pelatihnya di Persebaya Surabaya.

"Saya siap menghadapi konsekuensi apapun akibat hasil yang kurang memuaskan ini. Saya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan semangat para pemain, tetapi hingga kini, kesuksesan belum kami raih. Saya menerima situasi ini dengan lapang dada," tambahnya.

"Pada dasarnya, tidak ada masalah. Tanggung jawab ada pada saya. Saya tidak akan merinci lebih lanjut. Sebagai pelatih kepala, tanggung jawab ini ada pada diri saya. Tidak perlu menyalahkan orang lain. Tanggung jawab ini saya yang bertanggung jawab," ujarnya.

Kemajuan Persebaya

Sejak kepulangan Aji Santoso, Persebaya berhasil meraih dua kemenangan beruntun di bawah arahan sementara dari Coach Uston Nawawi. Mereka mengalahkan Bhayangkara FC (2-1) dan Persita (1-0).

Saat ini, Sho Yamamoto dan timnya menduduki posisi ke-12 dalam klasemen liga dengan nilai sebelas. Pertandingan berikutnya bagi Persebaya akan menjadi tuan rumah bagi juara bertahan, PSM Makassar, pada pekan ke-8, Jumat, 18 Agustus 2023.

Editor: Michael

Tag: #bri liga 1    #persebaya    #sepakbola    #aji santoso    #persikabo 1973    #bhayangkara fc    #persita    #psm makassar   

BACA JUGA

BERITA TERBARU