Kondisi Mantan Menpora, Roy Suryo setelah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka di Polda Metro Jaya, Jumat (22/7/2022) (Tribunnews.com/Fandi Permana)

Alasan Kesehatan, Polisi Tunda Pemeriksaan Roy Suryo Hingga Pekan Depan

Wulan | Hukum | 25-07-2022

PARBOABOA, Jakarta – Pemeriksaan terhadap pakar telematika Roy Suryo sebagai tersangka kasus meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga kini masih berlanjut. Sayangnya, pemeriksaan tersebut terpaksa ditunda sementara lantaran kondisi Roy yang dikabarkan drop.

Pihak kepolisian pun kembali menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadap Roy Suryo yang rencananya akan dilanjutkan pekan depan tepatnya pada (28/7/2022).

"Masih akan kita lanjutkan untuk pemeriksaan dalam status tersangka. Karena kemarin yang bersangkutan meminta untuk berhenti pemeriksaan karena merasa kurang sehat," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan di Jakarta pada Sabtu, (23/7/2022).

Menurut Zulpan, pihaknya menerima alasan kondisi kesehatan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga tersebut lantaran kurang sehat saat pemeriksaan kemarin.

Lebih lanjut, ia mengatakan pemeriksaan terhadap Roy Suryo sebagai tersangka itu dibutuhkan guna melengkapi kelengkapan berkas perkara.

"Untuk pemeriksaan sebagai tersangka belum selesai, jadi nanti akan kita lanjutkan lagi," ujar Zulpan.

Sementara itu, Elza Syarief selaku tim pengacara Roy Suryo mengonfirmasi pemeriksaan terhadap kliennya tersebut belum selesai.

"Iya jadi hari Kamis tanggal 28 Juli (diperksa lanjutan)," ucap Elza.

Elza mengatakan, Roy Suryo akan bersikap kooperatif memenuhi panggilan polisi. Ia menyebut jika nantinya Roy sudah pulih, dipastikan akan menghadiri pemeriksaan lanjutan yang telah dijadwalkan.

Dalam pemeriksaan pada Jumat (22/7/2022) kemarin, Roy Suryo diperiksa selama 12 jam. Mantan Menpora itu dicecar delapan pertanyaan dan diperiksa soal identitas diri.

Roy disebut mengalami kesulitan tidur selama tiga hari terakhir.

"Saya denger dari istri ya dia itu tiga hari mungkin mikir dia jadi tersangka ya, saya nggak tahu pikirannya apa ya. Pokoknya tiga hari nggak bisa tidur. Terus saya hibur-hibur dia ajak makan segala macam, tapi kayanya kurang nafsu," kata Elza.

Roy Suryo pun sempat mengalami muntah-muntah ketika diperiksa di ruangan penyidik. Elza menyebut Roy Suryo juga pingsan ketika menjalani proses pemeriksaan sebagai tersangka.

Walau demikian, Elza tetap mengapresiasi sikap dari penyidik subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya yang memeriksa Roy Suryo. Menurutnya, penyidik memperlakukan Roy dengan baik saat kondisi kesehatannya sedang menurun.

Tag : #roy suryo    #polda metro jaya    #hukum    #roy suryo tersangka    #endra zulpan    #stupa borobudur    #elza syarief    #penistaan agama   

Baca Juga