Chihuahua termasuk salah satu anjing terkecil di dunia (Foto: istockphoto.com)

7 Anjing Terkecil di Dunia, Beratnya Hanya 1,5 kg!

Wulan | Hiburan | 26-08-2022

PARBOABOA – Anjing adalah satu hewan yang cocok dijadikan peliharaan karena sifatnya yang ramah pada manusia. Dibandingkan jenis peliharaan lainnya anjing adalah hewan yang lebih mudah dilatih dan diajari sesuatu.

Jika sahabat Parboaboa.com sedang mencari hewan peliharaan yang cocok untuk hidup bersama di rumah, maka anjing wajib menjadi pertimbangannya.

Ada beberapa kelebihan sifat anjing yang membuatnya sayang jika tidak dijadikan hewan peliharaan, di antaranya mudah memahami perintah pemiliknya, melindungi, serta sifat yang penuh loyalitas.

Kelebihan tersebutlah yang membuat banyak orang akhirnya memilih anjing sebagai hewan peliharaan di rumah. Bahkan, anjing bisa menjadi penjaga kita atau rumah jika sudah benar-benar jinak.

Nah, ada sekitar 399 ras anjing dunia, termasuk jenis anjing terkecil di dunia. Jenis hewan ini cocok untuk kamu yang masih pemula atau menyukai hewan-hewan yang mungil dan imut. Yuk Simak!

1. Chihuahua

Anjing yang sering muncul dalam film-film layar lebar ini ternyata termasuk dalam daftar anjing terkecil di dunia, lho. Dilansir dari laman Mother Nature Network, ukuran anjing jenis ini hanya 6-10 inci atau sekitar 15-25 cm dengan berat berkisar 1,5-3 kg saja!

Meskipun begitu, anjing chihuahua cukup menantang untuk dipelihara lantaran ia bisa saja menjadi sangat protektif pada pemiliknya sehingga akan cenderung agresif pada orang lain.

Oleh karenanya, anjing ini cukup “menantang” untuk dipelihara bagi orang yang sudah berkeluarga.

2. Russian Toy Terrier

Dinamaai sesuai dengan asal pengembangbiakannya, russion toy terrier termasuk anjing yang sangat suka menghabiskan waktunya dengan manusia.

Dilansir dari laman Insider, kawanan anjing ini juga terkenal akan kecerdasan serta keaktifannya, lho. Tak jauh berbeda dengan anjing chihuahua, russion toy terrier juga berukuran kecil yakni sekitar 20-28 cm dengan berat sekitar 3 kg saja.

3. Yorkshire

Yorkshire merupakan anjing terkecil di dunia dengan bulu “mantel” yang lebih menyerupai rambut manusia ketimbang bulu pada hewan. Adapun keistimewaan yang dimiliki anjing ini yaitu semangatnya yang tinggi.

Anjing ini diketahui sangat populer oleh kalangan penghuni apartemen lantaran ukurannya yang sangat mini. Berdasarkan laman Insider, panjang anjing ini berkisar pada 17-20 cm dengan berat kurang dari 3 kg.

4. Maltese

Anjing maltese yang sangat imut dengan bulu lebat di sekujur tubuhnya ini diketahui hanya berukuran 17-23 cm dengan berat berkisar antara 3 kg atau bahkan di bawahnya.

Dilansir dari laman Insider, anjing jenis ini populer untuk dipelihara berkat sifatnya yang menawan.

Meskipun begitu, butuh perhatian ekstra untuk memelihara maltese. Pasalnya, bulu dari anjing ini harus disisir setiap harinya. Jika tidakm ada kemungkinan kalau bulu mereka akan rusak ataupun kusut.

5. Papillon

Anjing jenis ini diberi nama papillon berkat telinganya yang tampak sangat “sempurna” bak seekor kupu-kupu. Selain itu, menurut Mother Nature Network, anjing yang satu ini termasuk anjing ramah serta sangat percaya diri, lho.

Bahkan, jika dilatih dengan baik, anjing ini akan langsung menunjukkan keramahannya pada anak-anak, orang asing, maupun hewan lain.

Adapun untuk ukuran, anjing ini diketahui hanya berukuran 20-20 cm dengan berat berkisar pada 3-4,5 kg saja. Kendati ukuran kecil tersebut, papillon termasuk anjing yang sangat energik dan cerdas, lho.

6. Brussel Griffon

Senada dengan namanya, anjing yang satu ini berasal dari Brussels, Belgia. Menurut laman Mother Nature Network, awalnya anjing ini hanya dipelihara hanya untuk membasmi tikus, namun seiring berjalannya waktu, ia mulai menjadi salah satu jenis anjing populer untuk dipelihara.

Adapun keuinkan yang cukup menonjol dari anjing ini adalah kakinya yang panjang meski memiliki ukuran tubuh yang mungil. Diketahui, ukuran brussel griffon hanya sekitar 17-20 cm dengan bobot sekitar 3-5 kg saja. Ringan banget ya!

7. Pomeranian

Pomeranian merupakan "bola bulu" berjalan menggemaskan yang sangat terkenal untuk dipelihara. Kepribadian ekstrover dan mudah untuk dilatih yang dimilikinya menjadi daya tarik utamanya.

Ngomong-ngomong soal anjing jenis ini, menurut Mother Nature Network, bulu mereka merupakan ciri khas pomeranian lantaran banyaknya warna bulu yang mereka miliki. Totalnya, anjing jenis ini memiliki delapan belas warna bulu yang berbeda, lho!

Meskipun kadang anjing ini bisa terlihat cukup besar, sebenarnya ukuran asli anjing ini hanya berkisar 12-27 cm dengan bobot 2-4 kg saja. Jika kebetulan ada pomeranian yang tampak cukup besar, bisa dipastikan kalau itu adalah bulu yang menyelimuti seluruh tubuhnya.

Nah, itu tadi 7 anjing dengan ukuran tubuh terkecil di dunia. Di antara daftar anjing ini, ada yang cocok untuk dipelihara oleh pemula karena mudah dilatih. Namun, ada juga yang membutuhkan perawatan lebih karena alasan tertentu sehingga kurang cocok untuk dipelihara pemula.

Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk memelihara salah satu dari jenis anjing di atas, sebisa mungkin sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan, ya!

Tag : #terkecil    #anjjing    #hiburan    #anjing terkecil di dunia    #chihuahua    #russian toy terrier    #yorkshire    #maltese    #papillon   

Baca Juga