Ilustrasi Voice Note (VN) WhatsApp

Cara Mendengarkan Voice Note di WhatsApp Sebelum Dikirim

Wanovy | Teknologi | 16-12-2021

Voice note atau pesan suara adalah salah satu fitur dari WhatsApp yang bisa membuat komunikasi menjadi lebih mudah. Fitur ini berguna untuk mempercepat respons tanpa perlu repot mengetik teks secara manual.

Sebagai informasi, selama ini cara membuat voice note WhatsApp hanya dengan menekan dan menahan tombol mikrofon dengan jari untuk melakukan perekaman. Kemudian ucapkan pesan yang ingin disampaikan dan setelah ikon mikrofon dilepas secara otomatis pesan akan langsung terkirim.

Proses perekaman suara hanya akan terus berjalan selagi jari masih berada di tombol, sehingga tidak bisa lepas tangan.

Namun tahu tidak, rekaman suara tersebut ternyata bisa didengarkan si pengirim lebih dahulu (preview) sebelum pesan suara itu dikirim. Lantas, bagaimana caranya?

Untuk pengguna PC, fitur ini telah ada di WhatsApp desktop versi 2.2146.9 dan WhatsApp web versi 2.2147.16. Kemungkinan fitur ini akan diluncurkan WhatsApp secara bertahap ke aplikasi pengguna.

Cara cek voice note WhatsApp sebelum dikirim

Berikut adalah cara melihat tampilan fitur preview VN di WhatsApp:

1. Buka aplikasi WhatsApp di perangkat Anda.

2. Pilih kontak pribadi atau grup yang ingin Anda kirim voice note (VN).

3. Lalu, lihat tombol berbentuk mic yang berada di samping tombol kirim pesan, di kotak chat.

4. Tekan tahan dan geser ke atas tombol mic tersebut secara bersamaan. Kemudian, Anda akan ditampilkan tampilan baru yang berisi proses perekaman suara.

5. Pada tampilan ini, Anda akan menemukan tiga tombol, yakni tombol hapus, tombol stop record, dan tombol kirim pesan.

6. Saat Anda membuat voice note (VN), Anda dapat langsung membuangnya melalui tombol hapus. Apabila ingin mengirim voice note (VN), Anda dapat mengetuk tombol kirim pesan.

7. Namun, apabila Anda ingin meninjau VN terlebih dahulu sebelum kirim, ketuk tombol “Stop Record”. Kemudian, Anda akan disajikan dengan jendela baru yang memuat hasil rekaman suara untuk jadi VN. Di bagian ini, Anda bisa memilih untuk mengirim VN tersebut atau membuangnya.

Perlu diingat, saat rekaman suara ada di mode preview, Anda tidak dapat mengeditnya seperti memotong atau mempercepat.

Jika dirasa sudah sesuai, Anda bisa mengklik tombol “Send” (ikon panah) di samping kanan kolom chat, untuk mengirim voice note tersebut sebagai pesan suara.

Nah, itulah cara mendengarkan voice note di WhatsApp sebelum dikirim. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tag : #whatsapp    #voice note    #tips    #preview VN di WhatsApp   

Baca Juga