Ilustrasi cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka

Cara Mengatasi Google Play Store yang Tidak Bisa Dibuka dan Mendownload Aplikasi

Wanovy | Teknologi | 24-01-2022

PARBOABOA - Bagaimana cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka? Play Store di Hp kamu tidak dapat digunakan? Jangan panik, semua ada solusinya. Simak informasi berikut ini sampai selesai ya.

Semua Hp Android pasti punya aplikasi bernama Play Store. Melalui Play Store pengguna Hp Android bisa menginstal berbagai macam aplikasi di ponselnya.

Tanpa adanya aplikasi Google Play Store ini, dipastikan kamu akan mengalami kesulitan untuk melakukan instal atau download aplikasi Android.

Meskipun kamu bisa download aplikasi Android dari situs pihak ketiga lainnya, namun keamanan dari aplikasi tersebut mungkin diragukan.

Akan tetapi, bagaimana bila Google Play Store kamu tiba-tiba berhenti dan tidak bisa dibuka?

Jika kamu mengalami masalah ini, jangan khawatir. Berikut ini kamu telah merangkum beberapa cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka di HP Android dengan langkah yang mudah untuk diikuti.

Cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka

Cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka yang pertama kali perlu kamu lakukan adalah dengan melakukan restart pada perangkat smartphone Android.

Ini adalah hal yang harus dilakukan pertama kali jika kamu mengalami masalah dengan smartphone yang kamu miliki. Sebagian besar kendala atau masalah akan selesai dengan melakukan restart Android.

Namun, apabila cara tersebut masih belum mampu membuat Google Play Store perangkatmu berfungisi, kamu bisa mencoba beberapa cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka lain seperti berikut ini.

1. Lakukan pemeriksaan pada settings tanggal dan waktu

Siapa sangka pengaturan tanggal dan waktu yang tidak sinkron bisa mengakibatkan Google Play Store tidak bisa dibuka. Cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka yang satu ini bisa kamu lakukan dengan membuat pengaturan tanggal dan waktu menjadi otomatis. Kamu bisa melakukannya melalui menu Pengaturan di HP Android-mu.

2. Bersihkan cache dan data Google Play Store

Cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka yang paling umum adalah dengan membersihkan cache dan datanya.

Nah, untuk membersihkan cache kamu hanya perlu masuk ke “Application Manager”, kemudian pilih “Google Play Store” lalu “Clear Cache”. Bila sudah, kamu juga bisa langsung klik “Clear Data”. Ini juga menjadi cara mengatasi tidak bisa mendownload di PlayStore yang bisa kamu coba.

3. Non-aktifkan beberapa aplikasi

Aplikasi yang menggunakan cache dan data yang besar dapat mempengaruhi kinerja Play Store. Perangkat kamu harus bekerja lebih keras untuk menjalankan beberapa aplikasi besar sehingga tidak bisa membuka Play Store dan tidak bisa mendownload di PlayStore.

Oleh karenanya, cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka ini bisa kamu lakukan dengan mematikan beberapa aplikasi yang kamu anggap terlalu besar dan menghabiskan ruang RAM lebih banyak.

Untuk mematikan beberapa aplikasi tersebut adalah Buka Settings > Manage Apps > All > Pilih beberapa aplikasi yang besar dan menggunakan RAM lebih banyak > Pilih Menu ‘Force Stop’ di dalam aplikasi yang hendak dihentikan.

4. Hapus & Tambah Ulang Akun Google

Jika cara di atas belum bisa mengatasi masalah Play Store tidak bisa digunakan di hp, coba cara ini. Hapus (remove) akun Google dari hp Android lalu masuk (log in) kembali.

Jika kamu punya lebih dari 1 akun, kamu bisa coba log in dengan akun Google lain. Cara hapus akun Google dari Hp Android adalah: Buka Setelan (Setting) di hp, cari menu “Akun” atau “Akun Google“. Kemudian, klik “Google” lalu pilih akun yang mau dihapus.

5. Hapus Pembaruan Aplikasi Google Play Store

Cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka berikutnya adalah menghapus pembaruan aplikasi Google Play Store itu sendiri. Tanpa kalian ketahui, Play Store melakukan pembaruan secara otomatis, masalah akan muncul ketika pembaruan atau update tidak berjalan dengan semestinya.

Oleh karena itu, menghapus pembaruan pada play store mungkin bisa memperbaiki masalah play store yang tidak bisa dibuka dan cara mengatasi tidak bisa mendownload di Play Store yang bisa kamu coba.

Caranya seperti berikut: Buka Setting > Aplikasi > Pilih All > Google Play Store > lalu tekan tombol UNINSTALL UPDATES.

6. Matikan VPN, Proxy, atau Wifi untuk Membuka Google Play

Periksa WiFi dimana kamu sedang terhubung. Jangan-jangan Wifi tersebut menghalangi kamu untuk mengakses Google Play. Selain itu, periksa juga pengaturan VPN dan Proxy kamu. Bagaimana cara melakukannya? Ikuti langkah-langkah berikut untuk mematikan Wifi, Proxy, dan VPN yang terpasang di HP Android kamu.

Cara mematikan WiFi, Proxy, dan VPN adalah sebagai berikut: Akses menu Wireless and Networks pada HP kamu. Kemudian, pilih More dan tekan opsi VPN.

7. Uninstal dan Instal Ulang Google Play Store

Salah satu cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka adalah melakukan uninstall. Ya, untuk sementara waktu Play Store akan dihapus dari perangkamu. Namun kamu tidak usah khawatir karena setelah itu Google Play akan kembali terinstall.

Caranya adalah sebagai berikut: Buka Settings. Pilih Apps atau Apps Management, kemudian cari Google Play Store. Jika tidak ada, cari di "Show All Apps" atau "Show System Process". Jika sudah ditemukan, buka Google Play StorePilih ‘Uninstall Updates’. Selanjutnya, restart perangkatmu.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka yang bisa kamu coba. Semoga membantu!

Tag : #tips    #google    #play store    #download apps   

Baca Juga