Pengidap asam urat harus menghindari konsumsi jeroan karena mengandung purin tinggi

Daftar Makanan Penyebab Asam Urat yang Harus Dihindari

rini | Kesehatan | 08-10-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Penyakit asam urat adalah nyeri yang terjadi pada persendian akibat tingginya produksi asam urat (uric acid) dalam tubuh.

Pada kondisi normal, zat asam urat larut dalam darah serta diproses dan dikeluarkan oleh ginjal dalam bentuk urine. Namun, kadar asam urat yang melebihi normal bisa menumpuk dan membentuk kristal, yang disebut dengan monosodium urate, di persendian. Kristal asam urat inilah yang kemudian menyebabkan peradangan dan rasa nyeri pada sendi.

Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan kadar asam urat yang tinggi. Namun, faktor utama yang menjadi pemicu kondisi tersebut adalah gaya hidup yang tidak sehat, terutama mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung purin.

Jika ingin menghindari penyakit asam urat, hindari mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung purin tinggi.  Berikut daftar makanan penyebab asam urat yang harus dihindari:

1. Jeroan

Jeroan atau usus mengandung zat purin yang tinggi. Mulai dari, otak, hati, usus limpa, jantung, paru, dan ginjal. Jeroan ini termasuk makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat.

2. Seafood

Seafood atau makanan laut seperti udang juga masuk dalam pantangan makanan bagi penderita asam urat. Karena udang mengandung kandungan purin 9-10 mg setiap 100 gramnya. Selain udang, makanan laut ikan sarden, ikan makarel, ikan teri, dan ikan trout juga masuk dalam daftar makanan laut yang mengandung purin tinggi.

3. Daging merah

Daging merah yang harus dihindari para pengidap asam urat adalah daging sapi, daging kerbau, daging kambing dan daging domba. Para penderita harus mengurangi konsumsi daging agar rasa nyeri akibat asam urat tidak kambuh.

4. Kacang-kacangan dan polong-polongan

Kacang-kacangan yang mengandung purin tinggi diantaranya kacang merah, kacang polong, kacang hijau, dan kacang kedelai. Jadi penderita harus menghapus kacang dari daftar makanan yang dikonsumsi.

5. Durian

Meski lezat, nikmat, dan bikin nagih, durian mengandung purin cukup tinggi. Purin inilah yang menjadikan durian termasuk makanan penyebab penyakit asam urat yang harus dihindari.

6. Minuman Manis

Metabolisme gula memang tidak menghasilkan purin. Akan tetapi, makanan tinggi gula sederhana seperti roti tawar putih, produk roti komersial, cake, kue-kue kering, produk minuman kemasan dan minuman bersoda khususnya yang mengandung high-fructose corn syrup dapat meningkatkan kadar asam urat. Oleh karena itu, menghindari makanan penyebab penyakit asam urat yang satu ini wajib dilakoni.

7. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang dikenal kaya gizi dan nutrisi. Mengonsumsinya dapat menyehatkan badan dan memenuhi asupan nutrisi harian. Hanya saja konsumsi bayam cukup berbeda bagi penderita asam urat. Bayam termasuk makanan penyebab asam urat tinggi karena kandungan purinnya.

8. Tape Ketan

Tape ketan merupakan hasil fermentasi beras ketan yang sebelumnya mendapat pencampuran ragi, yang kemudian didiamkan dalam beberapa hari untuk mendapatkan hasil fermentasi berupa kandungan alkohol.

Alkohol inilah yang menyebabkan beras ketan menjadi terasa manis menyegarkan. Meski begitu jangan terlena karena tape ketan termasuk makanan penyebab asam urat tinggi. Kandungan purin makanan penyebab asam urat ini ada sekitar 100-1000 mg dalam setiap 100 gram tape ketannya.

Itu dia daftar beberapa makanan yang baiknya dihindari pengidap penyakit asam urat. Namun jika asam urat masih sering kambuh meski sudah menghindari makanan-makanan dalam daftar, ada baiknya konsultasi ke dokter untuk mendapat perawatan yang lebih tepat.

Tag : #kesehatan    #asam urat    #nyeri sendi    #makanan pantangan    #zat purin   

Baca Juga