Selebrasi Nuno Tavares setelah mencetak gol ke gawang Manchester United (Foto: AP Photo)

Hasil Arsenal vs Manchester United: Meriam London Tembak Jatuh Setan Merah!

Michael | Sepakbola | 23-04-2022

Parboaboa.com – Arsenal sukses meraih kemenangan 3-1 saat menjamu Manchester United (MU) di Emirates Stadium, Sabtu (23/4) sore WIB pada laga lanjutan pekan ke-34 Liga Inggris 2021/2022. Meriam London berhasil menembak jatuh Setan Merah.

Nuno Tavares (3’), Bukayo Saka (32’p), dan Granit Xhaka (70’) merupakan pencetak gol bagi Arsenal, sementara Cristiano Ronaldo (34’) menjadi pencetak gol satu-satunya untuk MU.

Gol Ronaldo ke gawang Arsenal dilaga ini merupakan torehan ke-100 di Liga Inggris. Ia mencatatkan prestasi tersebut dalam penampilan ke-223.

Dengan kemenangan ini, Meriam London untuk sementara naik ke peringkat empat dengan perolehan 60 poin dari 33 pertandingan. Mereka berpotensi kembali digeser Tottenham Hotspur yang baru bertanding melawan Brentford malam ini.

Sementara Setan Merah masih tertahan di peringkat keenam. Pasukan Ralf Rangnick baru mengumpulkan 54 poin dan bertanding satu laga lebih banyak daripada Arsenal.

Dengan hasil ini, persaingan memperebutkan tiket terakhir Liga Champions musim depan hanya akan melibatkan Arsenal dan Tottenham. Manchester City dan Liverpool sudah dipastikan akan berkompetisi dan satu slot lain jadi milik Chelsea.

Nasib Arsenal dan Tottenham kemungkinan besar bakal ditentukan dalam hasil Derbi London Utara pada 12 Mei mendatang. Jika sukses mengalahkan tetangga, Arsenal bakal berada di empat besar Liga Inggris untuk kali pertama sejak 2015/2016.

Jalannya Pertandingan

Ralf Rangnick tidak menurunkan Harry Maguire dilaga ini, setelah mendapat ancaman bom karena dinilai menjadi salah satu penyebab MU dipermalukan Liverpool pada pertandingan sebelumnya. Namun, absennya Maguire tidak membuat lini belakang Setan Merah lebih baik.

Baru tiga menit laga berjalan, Arsenal sudah mampu merepotkan lini belakang dari Setan Merah dan mencetak gol cepat. Bek sayap Nuno Tavares berhasil memanfaatkan bola rebound sepakan Bukayo Saka yang ditepis David De Gea untuk membuka keunggulan The Gunners. Skor 1-0.

MU merespons gol cepat Meriam London dengan meningkatkan intensitas permainan. Bruno Fernandes hampir memaksimalkan kesalahan kiper Aaron Ramsdale. Dua pemain Setan merah sempat dijatuhkan di kotak penalti namun wasit menolak permintaan penalti. Selanjutnya sepakan keras Diogo Dalot hanya membentur mistar gawang.

Keasyikan menyerang membuat lini pertahanan MU kecolongan. Serangan balik yang dilancarkan Arsenal membuat Eddie Nketiah berhasil mencetak gol. Namun gol tersebut dianulir wasit karena berada di posisi offside terlebih dahulu.

Menariknya, meskipun gol tersebut dianulir melalui tayangan ulang VAR, wasit menemukan adanya pelanggaran yang terjadi dalam proses terjadinya gol tersebut. Alex Telles melakukan pelanggaran terhadap Saka ketika pemain Arsenal itu hendak memberikan bola kepada Nketiah.

Wasit pun memberikan penalti untuk Arsenal yang berhasil menggandakan keunggulan mereka menjadi 2-0 lewat gol penalti Bukayo Saka pada menit ke-31.

Namun, MU benar-benar tidak mau kehilangan harapan untuk berlaga di Liga Champions. Hanya dalam dua menit berselang, upaya tim tamu membuahkan hasil. Cristiano Ronaldo mampu mencetak gol balasan setelah menerima umpan silang dari Nemanja Matic. Skor 2-1.

Hingga babak pertama berakhir, tidak ada tambahan gol yang tercipta. Meriam London memimpin 2-1 saat turun minum.

Pada babak kedua, MU berusaha bangkit dan membalikkan keadaaan. Namun, Arsenal terlalu mendominasi di awal babak kedua.

Meski tertekan oleh Arsenal, MU justru mendapatkan momen penting pada menit ke-55, setelah wasit menunjuk titik putih di area pertahanan tuan rumah.

Bruno Fernandes maju sebagai eksekutor. Sayang, pemain asal Portugal itu gagal memaksimalkan peluang emas tersebut untuk menyamakan kedudukan setelah tembakannya membentur tiang dan melebar.

Cristiano Ronaldo berhasil mencetak gol pada menit ke-60. Namun, gol tersebut dianulir wasit setelah dirinya dianggap berada di posisi offside ketika Bruno Fernandes memberikan operan sundulan yang mengarah kepadanya.

MU terus berusaha menekan Arsenal demi menyamakan kedudukan. Namun, peluang demi peluang masih tetap gagal dimaksimalkan, termasuk peluang emas yang didapat Diogo Dalot pada menit ke-63 setelah menerima umpan dari Cristiano Ronaldo.

Namun, keasyikan menyerang membuat MU melupakan pertahanan. Hal ini dimanfaatkan Meriam London untuk menembak jatuh Setan Merah dengan gol yang dicetak Granit Xhaka pada menit ke-70. Mendapatkan ruang tembak di batas kotak penalti, pemain asal Swiss itu melepaskan tembakan mendatar yang tidak mampu diantisipasi David De Gea. Skor 3-1.

Dalam 20 menit selanjutnya, Manchester United masih terus berusaha untuk mengejar gol demi menyamakan kedudukan. Namun, hingga wasit meniup peluit panjang, tak ada gol tambahan yang terjadi.

Arsenal pun meraih kemenangan 3-1 atas MU di Emirates Stadium dan berhasil memperbesar jarak dengan Setan Merah menjadi enam poin serta menggeser rival sekota mereka, Tottenham Hotspur dari posisi keempat.

Susunan Pemain Arsenal vs Manchester United

  • Arsenal (4-2-3-1): Aaron Ramsdale; Cedric Soares, Ben White, Gabriel Magalhaes, Nuno Tavares; Mohamed Elneny, Granit Xhaka; Bukayo Saka, Martin Odegaard, Emile Smith-Rowe; Eddie Nketiah
  • Pelatih: Mikel Arteta
  • MU (4-2-3-1): David De Gea; Diogo Dalot, Victor Lindelof, Raphael Varane, Alex Telles; Scott McTominay, Nemanja Matic; Anthony Elanga, Bruno Fernandes, Jadon Sancho; Cristiano Ronaldo
  • Pelatih: Ralf Rangnick
     
Tag : #hasil pertandingan    #liga inggris    #sepakbola    #arsenal    #manchester united   

Baca Juga