10 Hewan dengan Mata Terbesar di Dunia, Hampir Sebesar Bola Sepak

Penulis : Wulan | Hiburan | 10-11-2022

Tarsius Horsfield (Foto: en.wikipedia.or)

PARBOABOA - Seperti yang kita tahu, ada beberapa hewan yang memiliki penglihatan yang buruk, namun ada juga yang memiliki penglihatan yang sangat tajam. Sebagian hewan dengan mata yang berukuran besar mayoritas memiliki penglihatan yang tajam karena cakupan pandangan mereka yang menjadi lebih luas.

Nah, pasti kamu penasaran hewan apa saja yang memiliki mata terbesar dibandingkan hewan lainnya, maka simak 10 hewan dengan mata terbesar di dunia yang sudah disajikan Parboaboa.com berikut ini.

1. Kukang

Kukang memiliki mata piring yang besar dan melebar di atas wajah bagian bawah mereka yang kecil. Mereka terlihat seperti boneka binatang yang lucu, namun sebenarnya mereka memiliki gigitan yang berbahaya.

Racun mereka bisa membua pembusukan pada daging. Penelitian baru-baru ini menunjukkan korban terbesar dari gigitan mereka adalah kukang lainnya. Saat terancam, mereka cenderung tidak bergerak dan menunggu bahaya berlalu.

2. Laba-laba Hitam Zebra

Laba-laba hitam zebra adalah salah satu hewan terkecil di planet yang pernah ada. Badannya kekar dan memiliki kaki pendek dengan garis-garis putih di tubuhnya yang berwarna hitam. Dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya, laba-laba zebra memiliki mata yang besar.

Mata adalah hal terbesar di wajah mereka dan warna matanya benar-benar gelap. Selain itu, mereka memiliki delapan mata. Yang utama berada di depan kepala dan memberikan penglihatan binokular. Enam mata lainnya terletak di sisi kepala dan memberikan makhluk ini pemandangan panorama 360 derajat dari sekelilingnya.

3. Burung Unta

Burung unta memiliki mata terbesar dari semua hewan darat. Mata memiliki diameter dua inci, membuat mata mereka seukuran bola biliar dan lima kali lebih besar dari manusia. Mata mengambil begitu banyak ruang di kepala burung unta yang memiliki otak yang lebih kecil dari bola matanya.

Burung itu dapat melihat benda-benda sejauh dua mil di siang hari. Penglihatan yang tajam itu melindungi burung unta dari pemangsa.

4. Pygmy Marmoset

Di hutan Amerika Selatan, Pygmy marmoset bergerak seperti tupai. Mereka begitu gesit dan pandai melesat atau berlari di lingkungannya. Diklasifikasikan sebagai monyet mini, makhluk ini memiliki penglihatan yang tajam untuk melihat pemangsa dan makanan.

Saat kamu melihat marmoset, kamu akan menemukan mata mereka lebih lebar di wajah mereka. Hewan-hewan ini juga sangat ekspresif. Mereka menggunakan mata dan jumbai mereka untuk menciptakan ekspresi ketakutan, kejutan, dan keceriaan.

5. Burung Hantu

Burung hantu memiliki mata yang sangat besar. Pada malam hari, burung hantu dapat melihat dengan baik dalam tingkat cahaya yang sangat rendah. Ini adalah keuntungan besar bagi mereka untuk berburu.

Burung hantu adalah satu-satunya hewan yang memiliki penglihatan malam lebih baik daripada kucing. Burung Hantu Abu-abu Besar memiliki pupil hitam besar yang memungkinkannya melihat lebih baik daripada hewan malam lainnya.

6. Lemur

Ukuran mata secara ilmiah ditentukan oleh hubungannya dengan ukuran kepala. Lemur memiliki moncong kecil dan massa tubuh kecil yang membuat mata mereka terlihat besar. Beberapa spesies lemur memiliki mata kuning tebal dengan banyak nuansa biru.

Namun, ada juga spesies baru dengan mata hitam bulat. Lemur adalah hewan yang sangat sosial dan hidup dalam pasukan di mana semua orang mengawasi pemangsa. Lemur juga sering beraktivitas di siang atau malam hari.

7. Anjing

Studi menunjukkan anjing umumnya memiliki mata seukuran manusia. Hanya saja mereka memiliki kornea yang diameternya lebih besar sehingga menghasilkan iris yang lebih besar. Hal inilah yang memberi anjing kemampuan untuk menciptakan tatapan yang sangat ekspresif.

Mereka juga memiliki tapetum lucidium, yakni lapisan di mata yang memantulkan cahaya. Inilah yang membuat mata anjing bersinar di malam hari. Dari berbagai ras anjing, pada umumnya pug memiliki mata yang paling besar.

8. Kelinci

Mata kelinci datang dalam berbagai warna. Namun, lain halnya dengan kelinci albino yang selalu memiliki mata merah. Kelinci tidak hanya memiliki mata yang besar dibandingkan dengan ukuran tubuhnya, tetapi mata mereka memberi mereka beberapa kemampuan yang menarik.

Pertama, mata terletak di sisi berlawanan dari kepala. Tanpa menoleh, mereka bisa melihat 360 derajat, termasuk di atas kepala mereka. Satu-satunya titik buta adalah di depan mereka. Kelinci juga tidur dengan mata terbuka. Mereka akan menutupnya hanya jika mereka merasa aman di suatu habitat.

9. Cumi-cumi Kolosal

Cumi-cumi kolosal adalah salah satu hewan terbesar dan merupakan invertebrata terbesar di dunia. Mereka berada di perairan terdalam Antartika.

Mata cumi-cumi kolosal menghadap ke depan untuk memberi mereka penglihatan dalam  jarak yang tepat. Dalam cahaya kecil dari kedalaman, mereka dapat melihat makanan dan predator. Setiap mata mereka kira-kira seukuran bola sepak.

10. Tarsius Horsfield

Tarsius Horsfield adalah spesies hewan yang relatif kecil. Ditemukan di hutan dataran rendah Asia Tenggara, makhluk ini uniknya memiliki dua mata besar di tubuh mereka yang kecil. Di dunia mamalia, tarsius memiliki mata terbesar dalam kaitannya dengan ukuran tubuhnya.

Wah, jika dibandingkan dengan ukuran wajah dan tubuh mereka, hewan-hewan di atas memang memiliki mata yang sangat besar ya. Tidak heran, bila beberapa hewan di atas jadi memiliki penglihatan yang tajam dan luas.

Editor : -

Tag : #terbesar    #hewan mata terbesar    #hiburan    #kukang    #burung unta    #lemur    #kelinci    #cumi cumi kolosal    #tarsius horsfield   

Baca Juga